KPU Tana Toraja Pastikan PPDP Tidak Terpapar COVID-19

Rabu, 15 Juli 2020 - 14:05 WIB
loading...
KPU Tana Toraja Pastikan PPDP Tidak Terpapar COVID-19
Suasana sesaat sebelum kegiatan gerakan Klik Serentak di Kantor KPU Tana Toraja, Rabu, (15/7/2020). Foto: Sindonews/Joni Lembang
A A A
TORAJA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja, mewajibkan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) yang akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada serentak 2020.

Ketua KPU Tana Toraja , Rizal Randa mengatakan, total PPDP di Kabupaten Tana Toraja sebanyak 546 orang. PPDB bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih mulai 15 Juli hingga 13 Agustus mendatang.



Guna memastikan petugas PPDP tidak terpapar COVID-19 saat mencoklit, mereka sudah dirapit test. Pelaksanaan rapit test dilakukan oleh tim medis Satgas COVID-19 Tana Toraja di puskesmas masing-masing kecamatan.

"Hasil rapit test PPDP itu, 5 orang reaktif. Sementara 20 orang PPDP tidak mau melakukan rapit tes," ujar Rizal saat kegiatan Gerakan Klik Serentak di kantor KPU Tana Toraja, Selasa(15/7).

Dia mengatakan, PPDP yang reaktif rapit test maupun yang tidak mau melakukan rapit test sudah diganti. Hal itu dilakukan guna menjamin keamanan dan keselamatan penyelenggara yang bertugas dan masyarakat yang menjadi sasaran coklit.

Selain itu, petugas PPDP juga dibekali dengan alat pelindung diri seperti masker, hand sanitizer, pelindung wajah, sarung tangan. PPDP juga wajib menerapkan protokol kesehatan. Sehingga, masyarakat diharapkan tidak melakukan penolakan saat dikunjungi petugas PPDP untuk melakukan coklit.

"Jangan takut didatangi petugas PPDP untuk melakukan coklit karena mereka betul-betul menerapkan protokol kesehatan," kata Rizal.

Komisioner KPU Tana Toraja lainnya, Intan Parerungan menambahkan total ada 193.698 data pemilih yang akan dicoklit. Jumlah data pemilih itu mengalami peningkatan dibanding Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan legislatif (pileg) 2019 lalu.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)