Pengacara Henry Indraguna Lulus Cumlaude Program Doktor FH UNS

Sabtu, 04 Februari 2023 - 10:35 WIB
loading...
A A A
Menurut Henry, pemilu bermartabat sebagai tujuan demokrasi sebagaimana gagasan dalam Keadilan Bermartabat, yaitu keadilan yang memanusiakan manusia.

"Keadilan bermartabat memandang Pancasila sebagai postulat dasar tertinggi, yaitu sebagai sumber dan segala sumber inspirasi yuridis untuk menjadikan etika politik (demokrasi), khususnya etika kelembagaan penyelenggaraan pemilu sebagai manifestasi paling konkret dari demokrasi yang dapat menciptakan masyarakat bermartabat," papar Henry.

Henry Indraguna mengatakan, selain kualifikasi pendidikan yang mumpuni, anggota legislatif harus mempunyai agama dan akhlak yang baik.

“Pertama itu kan ketuhanan yang maha esa, jelas anggota legislatif itu harus punya punya rasa takut akan Tuhan, karena rasa takut akan Tuhan itu adalah sumber dari segala hukum yang ada di dunia ini,” jelasnya.

Baca: Polemik Petani Milenial, Gubernur Ridwan Kamil Klaim 70% Peserta Sukses.

Anggota legislatif, kata Henry, juga tidak boleh membedakan ras, suku, agama, atau status sosial. Menurut dia, semua sama dan sebagai wakil rakyat harus berani bersikap adil.

Henry berharap dengan ilmu yang diperoleh ini, nantinya dapat bermanfaat di Dapil V Jawa Tengah pada 2024, khususnya Solo, Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo.
(nag)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5111 seconds (0.1#10.140)