Dipati Ukur, Pemberontak Legendaris asal Priangan yang Ditumpas Raja Mataram

Selasa, 31 Mei 2022 - 05:02 WIB
Menariknya, sosok pemberontak legendaris ini dikisahkan dalam delapan versi, yakni versi Galuh, Sukapura, Sumedang, Bandung, Talaga, Banten, Mataram, dan Batavia. Dalam versi Galuh, Dipati Ukur ditonjolkan sebagai pemberontak Mataram yang layak ditumpas. Baca Juga: Mataram 'Hadiahkan Sukapura' Karena Padamkan Pemberontakan Dipati Ukur

Disebutkan bahwa setelah berhasil ditangkap, Dipati Ukur dan 10.000 orang pengikutnya dihukum mati di Mataram. Versi Sukapura menyebut bahwa Dipati Ukur adalah pemberontak yang tidak berani bertanggung jawab.

Versi Sukapura juga menyebutkan bahwa pejabat Priangan yang ikut menumpas gerakan Dipati Ukur diangkat menjadi tumenggung setelah mereka mengirimkan gadis untuk raja Mataram. Sementara itu, versi Sumedang menyinggung soal kegagalan Dipati Ukur dalam menaklukkan Sampang.

Lalu menurut versi Bandung, Dipati Ukur disebut sebagai keturunan Raja Pajajaran yang pada awalnya patuh kepada Mataram. Namun kesetiaan dan ketaatan berubah jadi berontak setelah mendapat informasi bahwa ada utusan Mataram yang melakukan perbuatan tidak terpuji terhadap istrinya. Karena membunuh utusan tersebut, dia dianggap sebagai pembangkang Mataram.

Versi Mataram menyebutnya bahwa Dipati Ukur seorang pemberontak sehingga Mataram mengirim pasukan ke Priangan untuk memadamkannya. Usaha tersebut berhasil dan Dipati Ukur dihukum mati.

Beragamnya versi cerita, membuat Dipati Ukur sangat legendaris. Sejumlah tempat di Priangan yang diyakini sebagai petilasan Dipati Ukur kerap diziarahi sebagai bentuk penghormatan kepada sosok suci ini.

.
(don)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More