168 Preman di Sulsel Diamankan, Ada yang Bermodus Minta Sumbangan Masjid

Jum'at, 18 Juni 2021 - 09:38 WIB
Sebanyak 168 orang diduga terkait aksi premanisme diamankan polisi di berbagai daerah, di Sulawesi Selatan. Foto: Ilustrasi
MAKASSAR - Sebanyak 168 orang diduga terkait aksi premanisme diamankan polisi di berbagai daerah, di Sulawesi Selatan, sejak Presiden Joko Widodo menginstruksikan Kapolri Jendral Listyo Sigit untuk memberantas preman di Indonesia.

Karo Ops Polda Sulsel , Kombes Pol Adeni Muhan mengatakan ratusan preman ini terdiri dari 99 juru parkir liar, 60 preman dan 9 pengamen. Namun setelah diberikan pembinaan dan menandatangani surat perjanjian agar tak mengulangi perbuatanya, beberapa sudah dipulangkan.

"Jumlah yang kami proses lanjut 13 orang karena membawa senjata dan menenggak minuman keras. Sedangkan 155 orang dilakukan pembinaan, sehingga mereka menyadari betul jika perbuatannya meresahkan masyarakat khususnya di Sulsel," kata Adeni di kantornya, Kamis (17/6/2021).

Dia mengatakan penindakan terbanyak hingga hari ini ada di Kota Makassar dengan 136 orang yang diamankan menyusul Kabupaten Banteang dengan 11 orang. Adeni bilang sejauh ini Polres dan Polresta Jajaran Polda Sulsel terus mengintesifkan operasi.





"Bapak Kapolda sudah memberikan petunjuk dan arahan kepada polres sejajaran untuk melaksanakan operasi preman dan orang-orang yang meresahkan masyarakat. Sehingga kami minta ke masyarakat agar tidak segan melapor ke call center 110, pasti kami tindis," tegas Adeni.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar menegaskan bakal menindak proses hukum para preman yang telah dibina dan dipulangkan namun mengulangi perbuatannya. "Pasti kita tindak dan proses hukum lebih lanjut lagi, dibuatkan laporan polisinya," paparnya.

Baru-baru ini petugas Satreskrim Polrestabes Makassar menangkap delapan orang pria diduga preman. Beberapa diduga melakukan penipuan dengan modus permintaan sumbangan yang mengatasnamakan pembangunan masjid dan panti asuhan.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar , Kompol Jamal Fatur Rakhman mengatakan mereka diamankan dalam operasi anti premanisme Jalan Urip Sumoharjo kawasan Flyover, Rabu (16/6/2021) malam.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More