Akselerasi Pemulihan Ekonomi, Kadin Jabar Imbau Pelaku Bisnis Tetap Patuhi Prokes

Minggu, 23 Mei 2021 - 01:11 WIB
Meski begitu, Tatan optimistis, pemulihan ekonomi Jabar bakal segera terwujud jika seluruh pelaku bisnis bahu membahu, termasuk dalam penerapan prokes.

"Pemulihan ekonomi ini sudah berjalan dan menunjukkan perbaikan. Pertumbuhan ekonomi Jabar minus 0,83 persen di kuartal 2021. Angka itu jauh lebih baik dibandingkan kuartal IV 2020 yang minus hingga 2,39 persen," sebutnya.

Tatan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu menerapkan prokes dalam berbagai kegiatan, tak terkecuali para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya.

"Kadin Jabar sudah membuat protap aktivitas bisnis di tengah pandemi. Karenanya, segenap pengurus Kadin Jabar terus menyosialisasikan penerapan prokes kepada para pelaku bisnis dalam menjalankan aktivitas bisnisnya," katanya.

Diketahui, pertumbuhan ekonomi Jabar minus 0,83 persen secara tahunan (yoy) pada kuartal I 2021. Angka itu membaik dibandingkan kuartal IV 2020 yang minus 2,39 persen (yoy).

Angka pertumbuhan tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar minus 0,74 persen (yoy).

Baca juga: Kendaraan Arah Jakarta di Tol Cipularang Terjebak Kemacetan Panjang

Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jabar, Ameriza M Moesa mengatakan, sumber perbaikan ekonomi Jabar pada kuartal I 2021 berasal dari komponen sisi permintaan maupun lapangan usaha seiring dengan kondisi perekonomian global yang mulai pulih serta penerapan berbagai kebijakan sehingga mendorong perbaikan pada permintaan domestik.

Baca juga: Dinding Rumah Ambruk karena Tanah Pondasi Longsor, Makam Warga Tertimbun

"Dari sisi lapangan usaha, sektor pertanian, perdagangan, dan konstruksi mengalami perbaikan yang relatif lebih cepat dibandingkan sektor lainnya," kata Ameriza dalam keterangan tertulis, Rabu (5/5/2021).
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More