Merajut Mimpi di Lubang Aron

Selasa, 15 September 2020 - 19:32 WIB
Pemkot Bandung menjadikan kawasan Binong sebagai Sentra Rajut Binong Jati. Satu dari tujuh sentra ekonomi strategis di Kota Bandung selain Sentra Sepatu Cibaduyut, Sentra Boneka Kopo Sayati, dan lainnya.

Lokasi Kampoeng Rajoet Binong Jati cukup strategis, tak jauh dari pusat perbelanjaan modern Trans Studio Mall (TSM) di Jalan Gatot Subroto dan berjarak sekitar 2 km dari Alun-alun Bandung.



Ilustrasi Kampoeng Rajoet masa depan. Foto/Istimewa

Sejak 2018, kawasan ini disebut Kampoeng Rajoet Binong Jati. Sebuah nama yang mengandung cita-cita besar menjadi kawasan belanja produk rajutan, destinasi wisata, dan kawasan edukasi. Harapan besar oleh mereka yang bahu-membahu secara tulus membangun kampung ini.

"Kampoeng Rajoet ini berada di kawasan padat penduduk dengan perajin yang tersebar di gang-gang sempit. Tapi ini menjadi tantangan bagi kami, mendesain menjadi tempat belanja, wisata, dan edukasi," beber dia.

Mimpi besarnya, kampung ini memiliki saung (bilik). Saung-saung itu memajang semua produk hasil rajutan. Juga dilengkapi informasi proses pembuatan kain rajut. Didesain dengan banyak tempat duduk untuk kongkow sembari menikmati kuliner khas Bandung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, Pemkot Bandung terus mendorong agar Kampoeng Rajoet Binong Jati tak hanya menjadi kawasan industri rumahan, tetapi juga menjadi destinasi wisata. Pengunjung bisa melihat proses pembuatan produk rajutan yang telah ada sejak puluhan tahun.

"Memang yang menjadi persoalan adalah unit usaha yang letaknya ada di gang sempit dan tidak tersedianya lahan parkir. Tapi ini menjadi tantangan bagi kami, setidaknya perlu kerja sama melibatkan lintas sektoral agar sentra rajut ini layak dikunjungi sebagai destinasi wisata," beber dia.

Sejalan dengan upaya tersebut, Pemkot Bandung juga akan gencar membantu mempromosikan produk rajutan. Rencananya, pada tahun 2021 pihaknya akan membuat event yang mengangkat produk-produk UMKM dari tujuh sentra ekonomi di Bandung.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More