Asal Usul Kota Manado, Ada Peran Bangsa Eropa dalam Penamaannya

Sabtu, 24 Juni 2023 - 09:01 WIB
Dalam laman manadokota.go.id disebutkan, pada awal kemunculan kata Manado dipengaruhi bahasa dialektika orang-orang Eropa. Di mana orang Portugis menyebutnya Moradores. Sedangkan orang Spanyol menyebutnya Manados.

Sementara pendeta asal Belanda yang kala itu bertugas di Sulawesi Utara, Nicolaas Graafland menuliskan buku berjudul Manadorezen. Sedangkan pejabat kompeni Belanda yang bertugas di wilayah tersebut, menyebut wilayahnya dengan nama Manado's Gebied, yakni kawasan Manado.

Sebutan lain juga disematkan oleh pelaut Portugis, Simao d'Abreu, dan Gubernur Jenderal Portugis di Maluku, Antonio Galvao. Keduanya menyebut kawasan tersebut dengan nama Manada, di mana artinya adalah kawanan, dan bisa diartikan sebagai kawanan pulau atau kepulauan.



Meski demikian, diyakini Manado berasal dari bahasa lokal, dan hingga kini juga masih banyak menyebut Manado dengan Menado. Dalam manadokota.go.id disebutkan, dari dokumen-dokumen bangsa Eropa, disebutkan Manado ditemukan oleh Simao d'Abreu pada tahun 1523, dan merupakan pulau yang sudah berpenghuni sejak tahun 1339.

Saat pertama kali menemukan kawasan Manado, Simao d'Abreu memilih tidak mempublikasikannya. Publikasi tentang Manado, justru dilakukan Antonio Galvao pada tahun 1555. Antonio Galvao, menyebutkan temuan kawasan Manado itu, dalam bukunya yang berjudul Tratado.

Dalam bukunya tersebut, Antonio Galvao menuliskan kalimat pendek berbunyi "Ou eram vista das ilhas de Manada...". Kalimat tersebut memiliki arti harafiah "Mereka melihat Manada...".



Manada dalam bahasa Portugis memiliki makna kawanan pulau, diduga kawanan pulau yang ditemukan adalah Pulau Manado Tua, Bunaken, Siladen, Mantehage, serta Nain. Keberadaan Pulau Mantehage, dan Nian, saat ini berada di wilayah Kabupaten Minahasa Utara.

Penyebutan nama Manado, juga disematkan oleh orang Prancis, bernama Nicolaas Desliens. Pada tahun 1541, Nicolaas Desliens menyematkan nama Manado dalam peta dunia. Diduga, dia bisa menyematkan nama Manado karena mendapatkan bocoran informasi rahasia dari Simao d'Abreu. Mengingat, kala itu Portugis melakukan politik tutup mulut tentang berbagai temuannya, agar tidak diketahui oleh bangsa Eropa lainnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More