4 Tokoh Kerajaan Majapahit yang Terkenal, Nomor 3 Pernah Pukul Mundur Pasukan Mongol

Jum'at, 16 Desember 2022 - 15:20 WIB
loading...
A A A
2. Gajah Mada

Meskipun bukan sebagai pemegang kekuasaan tertinggi, namun peran patih ini tak luput dari masa kejayaan Kerajaan Majapahit bersama dengan Raja Hayam Wuruk. Hal yang terkenal dari sosok Patih Gajah Mada ini ialah Sumpah Amukti Palapa yang dilakukannya.

Dilansir dari jurnal "Gajah Mada Sang Maha Patih Pemersatu Nusantara di bawah Majapahit tahun 1336 M-1359 M", Patih Gajah Gajah Mada mampu mengaplikasikan sumpah Amukti Palapanya, sehingga menjadikannya Patih yang paling disegani di Kerajaan Majapahit maupun di wilayah-wilayah lain.

Falsafah persatuan dan kesatuan yang dicanangkannya itu terbukti telah membawa bangsa ini ke zaman keemasan.

Setelah Gajah Mada wafat, Raja Hayam Wuruk kebingungan untuk mencari sosok penggantinya. Bisa dibilang bahwa kehilangan seorang patih ini merupakan cikal bakal menurunnya kerajaan ini.

Baca juga : Arya Damar, Ahli Mesiu Kerajaan Majapahit Sang Penakluk Kerajaan Bali

3. Raden Wijaya

Raja bergelar Sri Maharaja Kertarajasa Jayawardhana ini merupakan sosok pendiri Kerajaan Majapahit. Dia memerintah selama 16 tahun, yakni pada 1293 Masehi hingga 1309 Masehi.

Sebelum mendirikan Majapahit, Raden Wijaya merupakan menantu dari Raja Kertanegara, penguasa Kerajaan Singasari. Runtuhnya Kerajaan Singasari karena pemberontakan Jayakatwang ini menjadi cikal bakal Raden Wijaya membentuk kerajaannya sendiri.

Kisah paling populer dalam masa Raden Wijaya adalah ketika berhasil membalaskan dendamnya pada Jayakatwang memanfaatkan bantuan Kekaisaran Mongol. Tidak hanya itu Raja Wijaya juga sempat memukul mundur pasukan Mongol yang telah membantunya dengan cara mengkhianati pasukan milik Khubiulai Khan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)