Pelaku Tambang Emas Ilegal Kocar-kacir saat Digerebek Polisi, 18 Kapal Dompeng Dibakar

Selasa, 13 Desember 2022 - 23:43 WIB
loading...
A A A
Kapolres Sarolangun, AKBP Anggun Cahyono melalui Kabag Ren AKP Agus Suherman mengatakan, penindakan ini dilakukan berdasarkan laporan masyarakat yang resah dengan aktivitas PETI di Desa Lubuk Sepuh Kecamatan Pelawan dan masyarakat Tanjung Rambai Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun.

“Berdasarkan laporan warga, kita bersama stakeholder Tim Terpadu Penindakan PETI Kabupaten Sarolangun menuju lokasi untuk dilakukan penindakan. Namun, para pelaku berhasil melarikan diri saat polisi datang," katanya.

Dia menyebutkan, pemusnahan kapal dompeng dengan cara dibakar ini dilakukan agar para pelaku tidak lagi mengulangi aktivitas penambangan emas secara ilegal. Karena sudah tentu aktivitas tersebut melanggar hukum.

“Sedikitnya ada 18 unit rakit yang dimusnahkan dan 2 unit excavator di police line, rakit-rakit itu kita temukan di dua tempat lokasinya berbeda di sepanjang aliran sungai Batang Asai," katanya.



Dia pun meminta masyarakat untuk tidak mengulangi aktivitas penambangan ilegal ini. Jika masih ditemukan, polisi akan melakukan penindakan tegas. Kabag Ren juga mengaku bahwa kepolisian Polres Sarolangun ini sudah mengantongi sejumlah nama-nama para pelaku.

Selain itu, Kasat Reskrim Polres Sarolangun AKP Rendie Rienaldy mengatakan, dalam kegiatan razia PETI ini pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa karpet dan mesin dompeng yang berukuran kecil serta dokumentasi.

Untuk personel yang dikerahkan lebih kurang sebanyak 150 personel, terdiri dari TNI/Polri, Kesbangpol Sarolangun. Barang bukti yang kita amankan berupa karpet, mesin berukuran kecil, dan sisanya kita musnahkan.

“Kami imbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas PETI di pinggir sungai, dan kegiatan yang kita laksanakan Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya.
(nic)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2930 seconds (0.1#10.140)