5 Candi Tertua di Indonesia, Nomor 3 Objek Wisata Bersejarah

Senin, 12 Desember 2022 - 18:11 WIB
loading...
A A A
3. Candi Borobudur

Candi Borobudur didirikan pada tahun 825 masehi dan dibangun pada masa pemerintahan Raja Samaratungga dari dinasti Syailandra. Ia merupakan salah satu dinasti besar yang pernah berkuasa di Nusantara.

Candi ini berada tepatnya di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Di dalam Candi ini memiliki 3 ruang yang berbeda di dalamnya yakni kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu.

Baca juga : Cerita Candi Borobudur yang Berulangkali Hendak Dihancurkan

4. Candi Prambanan

Candi prambanan merupakan salah satu bagian candi yang memiliki usia yang cukup tua. Candi ini didirikan pada tahun 856 Masehi dan dikenal dengan Candi Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Keasrian dari Candi prambanan masih terlihat sampai sekarang, sebab masih banyak juga beberapa umat agama Hindu yang sering melakukan ibadah di sekitar Candi Prambanan.

5. Candi Gedong Songo

Candi Gedong songo dibangun pada tahun 972 masehi. Candi ini dibangun sebagai tujuan untuk pemujaan terhadap dewa, oleh karena itu tak heran jika di beberapa bagian dari Candi ini memiliki patung Dewa.

Patung - patung Dewa yang berada di sekitar candi adalah Dewa Siwa Mahakala, Siwa Mahaguru, Ganesha dan juga terdapat beberapa patung yang bisa dinikmati oleh para pengunjung Candi gedong ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)