Deretan Kerajaan Islam yang Paling Terkenal di Pulau Jawa

Minggu, 20 November 2022 - 08:24 WIB
loading...
A A A
Jaka Tingkir atau Mas Krebet dikenal sebagai pemimpin pertama di Kerajaan Pajang dan memiliki gelar Sultan Hadiwijaya. Penobatannya sebagai Sultan Pajang mendapat legitimasi dari Sunan Giri.

Selain itu, di era Jaka Tingkir ini Pajang juga meraih puncak kejayaan. Dia menerapkan sistem pemerintahan dengan menunjuk para sahabatnya menjabat posisi penting di Pajang.

3. Kerajaan Mataram Islam
Berikutnya ada Kerajaan Mataram Islam. Mengutip informasi dari laman Dpad Provinsi Jogja, pendirian kerajaan ini bermula dari sayembara Sultan Hadiwijaya untuk menangkap Arya Penangsang.

Dalam hal ini, Sutawijaya dan ayahandanya yang bernama Ki Ageng Pamanahan berhasil memenangkan sayembara. Sebagai hadiahnya, Sultan Hadiwijaya memberikan Alas Mentaok yang pada perkembangannya menjadi daerah makmur bernama Mataram.

Sepeninggal Ki Ageng Pamanahan, tahta ditempati Sutawijaya yang bergelar Panembahan Senopati. Pada perkembangannya, Kerajaan Mataram meraih kejayaan di era Mas Rangsang yang bergelar Kanjeng Sultan Agung Senapati ing Alaga Ngaburachman Sayidin Panatagama.

4. Kerajaan Cirebon
Berikutnya ada Kerajaan Cirebon. Mengutip informasi dari laman Pemda Kota Cirebon, Kesultanan Cirebon merupakan sebuah kerajaan bercorak Islam yang berasal dari Jawa Barat.

Kerajaan ini berdiri pada abad ke-15 dan 16 M. Dalam Babad Tanah Sunda dan Atja di naskah Carita Purwaka Caruban Nagari, awalnya Cirebon diketahui sebagai dukuh kecil yang didirikan Ki Gedeng Tapa.

Pada perkembangannya, daerah tersebut berkembang dan menjadi ramai, sehingga diberi nama Caruban (campuran). Adapun penamaan ini didasarkan terjadinya percampuran antara pendatang dari berbagai suku, agama, dan budaya yang berbeda
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7969 seconds (0.1#10.140)