Deretan Kerajaan Islam yang Paling Terkenal di Pulau Jawa

Minggu, 20 November 2022 - 08:24 WIB
loading...
Deretan Kerajaan Islam yang Paling Terkenal di Pulau Jawa
Demak merupakan kerajaan Islam pertama dan terbesar di pantai utara Jawa (pesisir).
A A A
DEMAK - Dalam sejarahnya, terdapat sejumlah Kerajaan Islam di Pulau Jawa yang cukup terkenal dan disegani.

Tak kalah dengan kerajaan-kerajaan bercorak Hindu atau Budha yang pernah meraih kejayaan di era sebelumnya, kerajaan Islam juga memiliki riwayat mentereng yang tidak bisa dianggap remeh.

Menilik ke belakang, perkembangan kerajaan Islam bermula dengan munculnya Kerajaan Perlak dan Samudra Pasai. Setelahnya, mulai bermunculan kerajaan lain di berbagai wilayah, termasuk Jawa.

Baca juga: Lumajang, Rumah Para Dewa Tempat Persemaian Islam Pertama di Jawa

Berikut deretan Kerajaan Islam yang paling terkenal di Pulau Jawa.
1. Kerajaan Demak

Pertama ada Kerajaan Demak. Dikutip dari buku berjudul ‘Genealogi Kerajaan Islam di Jawa’ karya P. Mardiyono, Kesultanan Demak dikenal sebagai Kerajaan Islam pertama dan terbesar di pantai utara Jawa (pesisir).

Dalam riwayatnya, munculnya Kerajaan Demak ini tak lepas dari kemunduran yang dialami Majapahit. Saat itu, beberapa wilayah kekuasaan Majapahit mulai memisahkan diri.

Kabupaten Demak yang berada di wilayah utara pantai Jawa ini muncul sebagai Kerajaan baru. Adapun raja pertamanya adalah Raden Patah. Menurut pandangan Pramoedya Ananta Toer, kerajaan Islam ini mengalami era kemajuan di zaman Adipati Unus.

Hal ini disebabkan visi besar yang dimiliki Pati Unus, sehingga menjadikan Demak sebagai kerajaan maritim yang besar dan kuat.

2. Kerajaan Pajang
Kesultanan Pajang merupakan Kerajaan Islam pertama yang terletak di daerah pedalaman. Mengutip informasi dari jurnal berjudul ‘Sejarah Kesultanan Pajang Masa Pemerintahan Sultan Hadiwijaya (1549-1582) karya Chinanti Safa dan Hudaidah, Pajang merupakan sebuah wilayah di pedalaman Jawa bagian tengah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2600 seconds (11.252#12.26)