Kampung Jagir, Revolusi Karya Melawan Binasa

Kamis, 10 November 2022 - 11:37 WIB
loading...
A A A
Bahkan, anak-anak di Kelurahan Jagir juga diajari mandiri sejak dini. Mereka berkolaborasi dengan berbagai UMKM yang ada di kampung yang bersebalahan dengan kantor Pertamina itu. Anak-anak memainkan peran seperti generasinya yang pure digital. Mereka membantu membuatkan desain produk UMKM, membuka lapak digital serta membantu memasarkan barang di marketplace.

Kolaborasi strategis itu juga membawa dampak baik bagi anak-anak yang bisa produktif sejak usia muda. Mereka pun bisa berpenghasilan dengan ragam desain yang sudah mereka buat. Menyiapkan foto produk sampai pembuatan video pendek yang membantu para UMKM di Kampung Jagir dikenal secara luas.

"Kami berdiskusi dulu tentang produk yang dikembangkan. Apa keunggulannya serta manfaat bagi masyarakat. Sama anak-anak nanti diterjemahkan dalam desain, foto dan video," kata Thony, salah satu pemuda karang taruna Kampung Jagir.

Program CSR Pertamina bersama masyarakat mencoba untuk mencapai tujuan, memecahkan permasalahan di lingkungannya dan memberikan kesejahteraan serta kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat di sekitar area operasi Pertamina. Revolusi lingkungan yang dilakukan di Kelurahan Jagir menjadi bukti gerakan kolaborasi itu mampu untuk mengubah kebiasaan menuju produktifitas.

Langkah kecil yang dilakukan di Kelurahan Jagir mampu mengubah perwajahan Surabaya. Bukan hanya mandiri dalam meraup rezeki, namun juga mampu menghadirkan kebudayaan baik yang tumbuh di tengah pergerakan masyarakat urban di Kota Pahlawan.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6950 seconds (0.1#10.140)