Makam Ayahanda WR Soepratman Pencipta Lagu Indonesia Raya Ternyata Ada di Pemalang

Rabu, 09 November 2022 - 04:42 WIB
loading...
A A A
Di sekitar komplek makam Ancak Suci yang berada di tengah kota Pemalang tersebut banyak berdiri bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda, baik sekolahan maupun gedung perkantoran, yang mana saling berhimpitan dengan komplek hunian warga.

Menurut Slamet atau yang akrab dipanggil Mbah Aa oleh warga sekitar, ketika ditemui tim MNC Portal, Senin (7/11/2022) mengatakan, jika makam ayahanda WR Soepratman jarang dikunjungi oleh ahli warisnya.

"Dulu pernah ada informasi jika akan ada ahli warisnya yang akan berkunjung dari Purworejo ke makam Ancak Suci sini," ujarnya.

Baca: Bunga Bangkai Tumbuh di Pekarangan Rumah Warga Cimahi.

Lebih lanjut, Slamet menjelaskan terkait keberadaan makam ayahanda WR Soepratman bahwa benar infomasinya memang begitu, almarhum Raden Djoemeno Senen Sastrosoehardjo di makamkan di Ancak suci.

Menurut mbah Slamet, jika yang menjadi juru kunci makam adalah almarhum mbah Dasikin, orang'tuanya, kemudian dirinya ditunjuk sebagai juru kunci pengganti, akan tetapi drinya tidak mau, sehingga dirinya menunjuk mbah Wardi sebagai juru kunci sampai kemudian mbah Wardi meninggal dunia.

Baca Juga: Bentrok Geng Motor di Cimahi Bikin Resah, Warga Sebut Pelaku dari Luar Kota.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang, Aji Suwarso mengatakan, bahwa kabar keberadaan makam ayahanda WR Soepratman di komplek makam Ancak Suci yang berada di tengah kota Pemalang memang benar.

"Ketika saya menjadi Kepala Sekolah pernah menemui keluarganya di komplek Sekolah Dasar (SD) yang berada di Kecamatan Randudongkal," pungkasnya.
(nag)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4459 seconds (0.1#10.140)