Makam Ayahanda WR Soepratman Pencipta Lagu Indonesia Raya Ternyata Ada di Pemalang

Rabu, 09 November 2022 - 04:42 WIB
loading...
Makam Ayahanda WR Soepratman Pencipta Lagu Indonesia Raya Ternyata Ada di Pemalang
Banyak masyarakat Kota Pemalang tidak mengetahui jika di wilayahnya ada makam ayahanda seorang pahlawan nasional. MPI/Aryanto
A A A
PEMALANG - Banyak masyarakat Kota Pemalang tidak mengetahui jika di wilayahnya ada makam ayahanda seorang pahlawan nasional. Yaitu makam ayahnda Wage Rudolf (WR) Soepratman yang juga pencipta lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'.

Wage Rudolf Soepratman atau WR Soepratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, lahir pada tanggal 19 maret 1903 dan meninggal pada tanggal 17 Agustus 1938.

Multi profesi yang dimiliki WR Soepratman selama hidupnya dari menjadi wartawan atau penulis, uru, violinis dan komponis digeluti selama masa penjajahan Belanda.

Selain lebih dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, WR Soepratman juga pencipta lagu-lagu nasional seperti lagu 'Ibu Kita Kartini.'

WR Soepratman juga sebagai anggota Band kenamaan pada masa itu, yakni Black and White Jazz Band.

Tanggal lahir pertamanya adalah 9 maret meski kemudian di revisi menjadi 19 maret 1903.kemudian tanggal 9 Maret ditetapkan menjadi hari musik Nasional ,atas berkat segudang jasanya bagi negara, kemudian diberikan gelar "Pahlawan Nasional Indonesia".

Aktifitas perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah dilakukan WR Soepratman sudah lama sejak usianya beranjak remaja.

WR Soepratman lahir di Purworejo, kemudian pindah ke Makassar, Bandung, Wajo (Kota Sengkang)dan beberapa kota lainnya di Indonesia, terakhir menetap di Surabaya hingga akhir hayatnya, dimakamkan di daerah Tambaksari Surabaya.

Ayahanda WR Soepratman bernama Raden Djoemeno Senin Sastrosoehardjo alias Abdoel Moein dan ibunya bernama Siti Senen.

Raden Djoemeno Senen Sastrosoehardjo, meningal dan dimakamkan di kota Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di komplek makam Ancak Suci yang berada di Jalan Pemuda, depan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pemalang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.8934 seconds (0.1#10.140)