Ini Raja Wanita yang Pernah Memerintah Kerajaan Majapahit, Nomor 2 Hidupkan Budaya Lokal

Selasa, 01 November 2022 - 18:47 WIB
loading...
A A A
Selain Tribhuwanatunggadewi, Dyah Suhita juga tercatat sebagai raja wanita yang pernah memimpin Kerajaan Majapahit. Dalam garis keturunannya, dia merupakan putri dari Raja Wikramawardhana dengan selir Bhre Daha II.

Meski tak pernah menjadi putri mahkota, Suhita menggantikan kedudukan Wikramawardhana sebagai Raja. Dalam terhadap beberapa kemungkinan, yakni karena kakak Suhita yang menjadi putra mahkota telah meninggal hingga untuk menghindari perang saudara.

Terlepas dari alasan yang membuatnya naik takhta, Dyah Suhita menjadi raja wanita Kerajaan Majapahit dengan masa kekuasaan cukup lama. Di era pemerintahannya, hubungan antara Majapahit dan Dinasti Ming semakin dekat.

Di bidang kebudayaan, Dyah Suhita menghidupkan kembali unsur-unsur budaya lokal yang sempat berhenti. Dia banyak membangun tempat pemujaan di lereng gunung dengan struktur bangunan punden berundak yang menjadi ciri khas arsitektur Indonesia.

Baca juga : Arya Damar, Ahli Mesiu Kerajaan Majapahit Sang Penakluk Kerajaan Bali

3. Kusumawardhani (Putri Mahkota)

Selain kedua nama di atas, sebenarnya terdapat seorang lagi calon raja wanita Majapahit, yakni Kusumawardhani. Namun, ternyata status puteri mahkota ini tak lantas menduduki takhta karena berbagai alasan.

Dalam hal ini, tidak diketahui mengapa Kusumawardhani tidak menduduki takhta menggantikan ayahnya. Justru, suaminya lah yang bernama Wikramawardhana yang menjadi raja.

Namun, sebagian pandangan juga menyebut bahwa Kusumawardhani sebenarnya ikut memimpin Majapahit bersama suaminya. Atau setidaknya, dia tetap berperan dalam pemerintahan.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)