Ini Raja Wanita yang Pernah Memerintah Kerajaan Majapahit, Nomor 2 Hidupkan Budaya Lokal

Selasa, 01 November 2022 - 18:47 WIB
loading...
Ini Raja Wanita yang Pernah Memerintah Kerajaan Majapahit, Nomor 2 Hidupkan Budaya Lokal
Kerajaan Majapahit memiliki sejarah panjang sebagai salah satu kerajaan besar di zamannya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kerajaan Majapahit memiliki sejarah panjang sebagai salah satu kerajaan besar di zamannya. Singkat cerita, kerajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya yang juga berstatus sebagai raja pertamanya.

Seiring waktu, Kerajaan Majapahit telah banyak berganti kepemimpinan. Adapun zaman keemasannya terjadi pada pemerintahan Hayam Wuruk yang didukung Patih Gajah Mada .

Selain itu, Majapahit juga diketahui pernah dipimpin oleh seorang raja wanita. Dilansir dari jurnal berjudul Kiprah Perempuan Majapahit di Ruang Politik karya Ririn Darini, berikut beberapa Raja Wanita yang pernah memerintah Kerajaan Majapahit.

Baca juga : Strategi Gajah Mada Redam Pemberontakan di Kerajaan Majapahit

1. Tribhuwanatunggadewi Jayawisnuwardhani (1328-1350)

Berdasarkan Negarakertagama pupuh 49, Tribhuwanatunggadewi diresmikan sebagai Raja Majapahit pada tahun 1251 saka atau 1329 M. Sebelum menempati posisi ini, dia pernah menjadi penguasa di wilayah Kahuripan dan disebut Bhre Kahuripan.

Di bawah pengawasan Gayatri sebagai negarawan, Tribhuwanatunggadewi berhasil mengantarkan Majapahit ke depan pintu masuk kejayaan. Tercatat, dia memerintah selama kurang lebih 22 tahun lamanya.

Di era pemerintahannya, Tribhuwanatunggadewi mengangkat Gajah Mada sebagai Patih Amangkubumi pada 1334 M. Selama kepemimpinannya, Kerajaan Majapahit mengalami masa tenteram dan perluasan wilayah ke pulau-pulau lain.

Pada 1350 M, Tribhuwanatunggadewi meletakkan jabatannya dan memberinya kepada Hayam Wuruk. Namun, setelah turun takhta dia tetap menjadi pembimbing putranya ini ketika memerintah.

2. Dyah Suhita (1429-1447)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1997 seconds (11.97#12.26)