Inovasi Eko-Tren Hantarkan Gubernur Khofifah Raih Penghargaan KDI 2022

Jum'at, 23 September 2022 - 12:46 WIB
loading...
A A A
Karena itu Agung kemudian mengajak seluruh kepala daerah dan masyarakat bekerja sama menciptakan inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan bahwa ketika menemukan gubernur inovatif, bupati inovatif, wali kota inovatif di tengah kondisi penuh tantangan ini tentunya mengembirakan dan membanggakan.

“Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa bagi kita, betapa susahnya melakukan tata kelola pemerintahan daerah. Bagaimana mengatur anggaran untuk dialokasikan agar sesuai dengan keinginan Pemerintah Pusat. Tapi semuanya kini bisa kita rasakan, bahwa Indonesia termasuk negara yang sukses dalam menghadapi tantangan Covid-19,” tuturnya.

Keberhasilan ini semata-mata karena kerja sama Pemerintah Pusat dan daerah. Pemerintah daerah memberi ruang yang cukup kepada pemerintah daerah, kemudian pemerintah daerah juga memahami posisinya sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Inilah bagian penting dari keberadaan kita, tentu kondisi ini harus kita pertahankan bahkan kalau perlu kita tingkatkan. Kita Memiliki kebihnekaan, kita memiliki bahasa yang luar biasa, kita memiliki ratusan ribu pulau, kita memiliki adat istiadat yang bervariasi, dan itulah yang kita harapkan, kepada kepala daerah untuk terus mempertahankan bahkan terus membangun eksistensi adat istiadat daerah,” ujarnya.

Inovasi Eko-Tren Hantarkan Gubernur Khofifah Raih Penghargaan KDI 2022


Asisten 1 Pemerintah Provinsi Jawa Timur Benny Sampirwanto berpose bersama para kepala daerah, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar usai menerima anugerah KDI 2022, di Semarang, Kamis (22/9/2002)

Benny Sampirwanto, mewakili Gubernur Khofifah, melanjutkan Eko-Tren beroperasi melalui tiga pilar, yaitu Santripreneur, Pesantrenpreneur, dan Sosiopreneur. Santripreneur adalah pemberdayaan santri menjadi entrepreneur melalui laboratorium kewirausahaan, vokasional skill. Sampai 2021 lalu program ini telah sukses mencetak 112.116 orang santri pengusaha.

Inovasi Eko-Tren Hantarkan Gubernur Khofifah Raih Penghargaan KDI 2022

Gubernur Khofifah menemui salah satu almnus pondok pesantren yang mengikuti program santripreneur.

Sedangkan pilar kedua yaitu Pesantrenpreneur merupakan pemberdayaan ekonomi pesantren melalui koperasi pesantren (koppontren) dan badan usaha lainnya. Pondok pesantren yang ikut dalam program ini hingga 2021 sudah ada 550 ponpes.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1447 seconds (11.97#12.26)