5 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit, Nomor 3 Masuknya Islam di Pulau Jawa

Selasa, 20 September 2022 - 17:37 WIB
loading...
A A A
2. Munculnya Perang Saudara

Diangkatnya Wikramawardhana pada 1389 untuk menggantikan Hayam Wuruk ditentang anak Hayam Wuruk, Bhre Wirabhumi penguasa kerajaan timur Majapahit.

Singgasana ini kemudian dituntut oleh Wirabhumi yang kemudian tercetuslah perang saudara yang disebut Perang Paregreg pada 1404-1405. Perang ini akhirnya membuat Wirabhumi gugur.

Kekalahannya ini membuat kerajaan timur bersatu dengan kerajaan barat. Namun kala itu kejayaan Majapahit semakin merosot karena mulai lepasnya daerah kekuasaan luar Jawa.

3. Mulai Masuknya Agama Islam

Mulai masuk dan berkembangnya Agama Islam di Pulau Jawa kala itu yang dimulai dari kedatangan Jenderal Muslim Tiongkok bernama Laksamana Cheng Ho mulai membentuk komunitas China dan Arab di beberapa Pelabuhan, macam Semarang, Tuban, Demak dan Ampel. Hal ini membuat Kerajaan Majapahit semakin tersingkir.

Baca juga : Penampakan Petirtaan Kerajaan Majapahit Bikin Warga Gresik Gempar

4. Bangkitnya Kesultanan Malaka

Wilayah yang digunakan sebagai jalur perdagangan ini mulai menjalin hubungan dekat dengan Dinasti Ming. Selain itu mulai munculnya Kesultanan Malaka pada abad ke 15 juga membuat Majapahit kalah saing dalam memperluas wilayahnya.

5. Kemunculan Kerajaan Demak
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1634 seconds (10.101#12.26)