5 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit, Nomor 3 Masuknya Islam di Pulau Jawa

Selasa, 20 September 2022 - 17:37 WIB
loading...
5 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit, Nomor 3 Masuknya Islam di Pulau Jawa
Kerajaan Majapahit sempat mencatatkan dirinya sebagai dinasti Hindu terbesar dengan wilayah kekuasaan yang luas di Indonesia. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kerajaan Majapahit sempat mencatatkan dirinya sebagai dinasti Hindu terbesar dengan wilayah kekuasaan yang luas di Indonesia. Sayangnya kerajaan ini musti runtuh menjelang abad ke 16.

Sebagai salah satu kerajaan terbesar yang berada di tanah Jawa , Majapahit memiliki banyak kisah sejarah termasuk dalam proses keruntuhannya.

Baca juga : Strategi Gajah Mada Redam Pemberontakan di Kerajaan Majapahit

Tenggelamnya Kerajaan Majapahit pada tahun 1527 tentu disebabkan oleh beberapa faktor besar. Hal ini membuat munculnya era baru dalam sejarah Indonesia. Kerajaan Hindu sudah mulai tumbang di sebagian besar wilayah di Indonesia.

Berikut 5 penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit :

1. Meninggalnya Gajah Mada dan Hayam Wuruk

Dua tokoh besar ini memang memiliki peranan penting dalam Kerajaan Majapahit. Karena setelah keduanya meninggal Kerajaan Hindu tersebut mulai kehilangan cahayanya.

Meninggalnya Patih Gajah Mada membuat Hayam Wuruk kebingungan dalam menemukan pengganti yang pantas. Kehilangan Patih ini memang merupakan cikal bakal mulai menurunnya kerajaan ini. Beberapa wilayah kekuasaannya juga perlahan melepaskan diri.

Ditambah lagi pada saat Hayam Wuruk meninggal, dimana terjadi polemik perebutan kekuasaan yang semakin menenggelamkan kekuasaan Majapahit.

Perebutan ini terjadi antara putri mahkota Kusumawardhani yang menikahi sepupunya sendiri, pangeran Wikramawardhana dan putra dari selirnya, yakni Wirabhumi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1621 seconds (11.97#12.26)