11 Tari Daerah yang Dilakukan dengan Cara Berpasangan di Indonesia

Rabu, 31 Agustus 2022 - 17:26 WIB
loading...
A A A
Tarian khas suku Minangkabau ini sering ditampilkan dalam acara memperingati hari hari besar Belanda. Dalam tarian ini biasanya pria yang lebih sering menggunakan payung sementara wanita menggunakan selendang.

3. Tari Piring

Kembali dari Minangkabau, kali ini adalah tarian daerah yang menggunakan piring sebagai instrumen utamanya. Piring ini akan diayunkan oleh penari yang berpasangan putra dan putri dalam kelompok.

Dulu tarian ini sering dipentaskan pada saat panen sebagai ungkapan syukur. Saat ini tarian tersebut lebih sering dipentaskan dalam sebuah acara tertentu seperti pernikahan atau penjamuan tamu penting.

4. Tari Janger

Tarian adat ini berasal dari Bali yang dilakukan oleh sepuluh orang dengan cara berpasangan antara laki-laki dan perempuan. Tak hanya menari, mereka juga sembari menyenandungkan lagu Janger dengan cara bersahut-sahutan.

Tarian yang terkenal harmonis ini mengangkat kisah dari arjuna wiwaha, sunda upanishad, dan lain sebagainya.

5. Tari Serampang Dua Belas

Meskipun namanya tari serampang dua belas bukan berarti orang yang menari berjumlah dua belas orang. Tarian ini hanya dilakukan oleh dua orang saja.

Tarian yang berasal dari Deli Serdang, Sumatera Utara ini dilakukan secara berpasangan oleh seorang laki-laki dan perempuan yang mengisahkan tentang cinta anak manusia yang berakhir dengan menikah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.1885 seconds (0.1#10.140)