11 Tari Daerah yang Dilakukan dengan Cara Berpasangan di Indonesia

Rabu, 31 Agustus 2022 - 17:26 WIB
loading...
11 Tari Daerah yang Dilakukan dengan Cara Berpasangan di Indonesia
Sedikitnya ada 11 tari daerah berpasangan di Indonesia yang bisa diketahui. Foto DOK Kemendikbud
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada 11 tari daerah berpasangan di Indonesia yang bisa diketahui. Tari daerah merupakan salah satu budaya yang hingga kini masih terjaga kelestariannya.

Teruntuk generasi muda tentu harus mengetahui dan mempelajari tarian daerah tersebut agar tidak punah nantinya atau bahkan diakuisisi oleh negara lain.

Baca juga : 10 Tarian Paling Populer di Dunia

Terdapat banyak jenis tarian daerah di Indonesia, mulai dari yang dilakukan secara solo, berkelompok hingga berpasangan.

Berikut 11 tari daerah berpasangan di Indonesia seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Tari Legong

Tarian khas Bali ini dilakukan oleh dua orang perempuan. Gerakan dalam tarian ini tergolong kompleks dan seirama dengan musik gamelan yang mengiringinya.

Asal usul dari nama tarian ini adalah dari kata “leg” yang berarti gerakan tari yang luwes, serta kata “gong” yang artinya alat musik dari bahasa Bali. Dulunya tarian ini hanya boleh dilakukan oleh dua orang perempuan yang belum menstruasi saja.

2. Tari Payung

Tari daerah yang berasal dari Sumatera Barat ini dilakukan secara berpasangan oleh muda-mudi yang menggunakan payung sebagai instrumennya. Biasanya tari ini dilakukan bersamaan dengan pertunjukan drama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2147 seconds (0.1#10.140)