Kisah Putri Mandalika, Berwajah Cantik Jelita Rela Berkorban jadi Cacing Laut Demi Kedamaian Abadi

Senin, 08 Agustus 2022 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Pemprov NTB, bersama Kemenparekraf, selalu menggelar Festival Pesona Bau Nyale di kawasan Pantai Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, yang diharapkan dapat mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke Lombok, dan Sumbawa.

Dalam laman warisanbudaya.kemdikbud.go.id, disebutkan tradisi Bau Nyale merupakan salah satu tradisi turun-temurun yang dilakukan oleh masyarakat Lombok Tengah, sejak ratusan tahun silam.

Awal mula tradisi ini tidak ada yang mengetahui secara pasti. Namun berdasarkan isi Babad Sasak yang dipercaya oleh masyarakat, tradisi ini berlangsung sejak sebelum 16 abad silam.



Tradisi ini dilangsungkan setiap tanggal 20 bulan 10 menurut perhitungan penanggalan tradisional Sasak, atau sekitar bulan Februari bertempat di Pantai Seger, Kuta, Lombok Tengah.

Prosesi Tradisi Bau Nyale diawali dengan diadakannya sangkep wariga, yaitu pertemuan para tokoh adat untuk menentukan hari baik, mengenai kapan saat Nyale ini ke luar. Dilanjutkan dengan mepaosan, yaitu pembacaan lontar yang dilakukan oleh para mamik atau tokoh adat.

Pembacaan lontar ini, dilakukan sehari sebelum pelaksanaan Tradisi Bau Nyale, bertempat di bangunan tradisional dengan tiang empat yang disebut dengan Bale Saka Pat. Pembacaan lontar ini, dengan menembangkan beberapa pupuh atau nyayian tradisional.

Urutan pupuh atau nyanyian tradisional yang dilakukan dalam pembacaan lontar, yakni Pupuh Smarandana, Pupuh Sinom, Pupuh Maskumambang dan Pupuh Ginada. Beberapa piranti yang dipakai dalam prosesi ini antara lain daun sirih, kapur, kembang setaman dengan sembilan jenis bunga, dua buah gunungan yang berisi jajan tradisional khas Sasak, serta buah-buahan lokal.



Upacara Bau Nyale akan digelar dini hari sebelum subuh, seperti undangan yang disampaikan Putri Mandalika kepada para pangeran dan seluruh rakyatnya. Sebelum masyarakat turun ke laut, para tokoh adat menggelar sebuah upacara adat Nede Rahayu Ayuning Jagad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1057 seconds (0.1#10.140)