Pelestarian Lingkungan, Training Bank Sampah Digelar di Kuta Mandalika

Senin, 21 Oktober 2024 - 19:36 WIB
loading...
Pelestarian Lingkungan,...
Pelatihan manajemen bank sampah digelar di Desa Kuta Mandalika, Lombok Tengah, NTB dalam upaya mendukung pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Foto/Ist
A A A
LOMBOK TENGAH - Pelatihan manajemen bank sampah digelar di Desa Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan ini merupakan upaya mendukung pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Pelatihan atau training ini meliputi manajemen bank sampah, manajemen keuangan, dan optimalisasi pemasaran produk daur ulang.



Para pengurus bank sampah Putri Nyale di Desa Kuta Mandalika mendapatkan pelatihan intensif dengan fokus untuk membekali mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan.

Hal itu guna mengelola operasional secara lebih efektif, serta memperluas pasar produk daur ulang yang mereka hasilkan.



"Kami sangat mengapresiasi ini yang telah membantu meningkatkan kapasitas pengelolaan bank sampah kami dan mendukung keberlanjutan lingkungan di desa kami," ujar Sekretaris Desa Kuta Mandalika, Mardan dalam keterangannya, dikutip Senin (21/10/2024).

Dengan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas pengelolaan bank sampah, khususnya dalam bidang manajemen, keuangan, serta pemasaran produk daur ulang.



Sementara itu, TJSL Department Head Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re, Karno Erson Prijono menekankan pentingnya kerja sama antara korporasi dan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

"Pelatihan ini adalah langkah strategis untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan bank sampah. Selain meningkatkan efektivitas operasional, kami juga ingin mendorong masyarakat untuk melihat potensi ekonomi dari produk daur ulang," kata Erson.

Selain pelatihan, Erson menambahkan bahwa pihaknya juga menyerahkan bantuan operasional berupa barang untuk mendukung kelancaran kegiatan bank sampah.

"Ini komitmen nyata dalam mendukung inisiatif lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Kami berharap bantuan ini dapat memperkuat keberlanjutan pengelolaan bank sampah. Sehingga memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan," tandasnya.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)