Resmikan Rumah Vokasi Gresik, Khofifah Optimistis Turunkan Pengangguran di Jatim

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:59 WIB
loading...
Resmikan Rumah Vokasi Gresik, Khofifah Optimistis Turunkan Pengangguran di Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa optimistis keberadaan rumah vokasi mampu berkontribusi besar terhadap peningkatan ketrampilan dan penurunan tingkat pengangguran terbuka khususnya bagi lulusan SMK di Jatim. Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa optimistis keberadaan rumah vokasi mampu berkontribusi besar terhadap peningkatan ketrampilan dan penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT) khususnya bagi lulusan SMK di Jatim.

Hal tersebut disampaikan Khofifah saat meresmikan Rumah Vokasi di Kabupaten Gresik, Jumat (24/6/2022). Rumah Vokasi tersebut berdiri atas inisiasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jatim dalam upaya penyediaan pendidikan dan pelatihan vokasi bagi pelajar SMK Jatim.



"Jadi tingkat pengangguran terbuka dari SMK di Jawa Timur sudah di bawah 1 digit. Kalau ada rumah vokasi di sini, insyaallah akan berdampak lebih signifikan pada penurunan TPT khususnya lulusan SMK di Jatim, termasuk di Gresik ini," kata Khofifah.

Khofifah menyampaikan bahwa Rumah Vokasi ini akan memberikan dampak lebih signifikan bila mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Terlebih apabila mampu membangun kerjasama dengan Fakultas Vokasi serta dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja.

Pemprov Jatim, kata Khofifah , siap berperan aktif. Salah satunya dengan memberikan dukungan dengan mengizinkan tanah milik Pemprov Jatim untuk digunakan dalam pengembangan pendidikan vokasi jika akan didirkan di Gresik.

Langkah tersebut bukan tanpa alasan, menurut Khofifah dukungan tersebut harus dilakukan karena melihat Kabupaten Gresik termasuk salah satu daerah industri ring satu di Jawa Timur.

"Harapan kami, warga Gresik akan berperan signifikan khususnya bagi siswa SMK untuk mengisi area industri sehingga secara spesifik diarahkan agar sesuai dengan peluang kerja yang dibutuhkan," ujarnya.

Khofifah menjelaskan bahwa, persentase industri manufaktur di Jatim telah mencapai lebih dari 30 persen. Untuk menjawab kebutuhan tersebut dibutuhkan pendidikan dan pelatihan yang mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri tersebut.

Rumah vokasi, kata dia, harus direvitalisasi agar mampu mengakomodasi kebutuhan industri dengan penyesuaian kurikulum pada pendidikan dan pelatihan vokasi. "Termasuk dengan memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan vokasi khusus seperti di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)," katanya.

Sementara itu Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani menyampaikan bahwa, rumah vokasi adalah bagian dari upaya Pemkab Gresik untuk menurunkan angka pengangguran lulusan SMK di Kabupaten Gresik.

"Kami ingin memberikan mental yang kuat pada lulusan SMK ketika masuk sebuah industri baru 3 bulan enggak kuat keluar lagi karena keterbatasan kemampuan dan kapasitas," terangnya.

Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto menyebut, akan ada penyesuaian kurikulum pada pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan industri. "Supaya ada harmonisasi kurikulum hingga betul-betul nanti lulusan dari SMK sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri," kata Adik.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4332 seconds (0.1#10.140)