Gubernur Khofifah Resmikan Zona KIP di Desa Wisata Poetoek Soeko Mojokerto

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:03 WIB
loading...
Gubernur Khofifah Resmikan Zona KIP di Desa Wisata Poetoek Soeko Mojokerto
Gubernur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Zona KIP di Desa Wisata Poetoek Soeko, Desa Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.Foto/ist
A A A
MOJOKERTO - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meresmikan Zona KIP (Kreatif, Inovatif dan Produktif) di Desa Wisata Poetoek Soeko, Desa Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Peresmian dilaksanakan pada 24 Juni 2022.

Zona KIP merupakan produk wisata baru yang dibangun oleh Klinik BUM Desa Jatim berkat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jatim dan Sampoerna untuk Indonesia.

Khofifah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PT. HM Sampoerna karena selama tiga tahun telah berkontribusi terhadap penguatan desa wisata di Jawa Timur.

Baca juga: Gubernur Khofifah Minta OPD dan BUMD Optimalkan Sumber Pendapatan Daerah

"Saya melihat hasilnya cukup signifikan. Oleh karena itu format-format yang telah diterapkan saya mohon disinergikan lebih kuat. Supaya desa tumbuh berkembang dan yang berkembang bisa lebih maju" ungkap Khofifah.

Kukuh Dwi Kristianto selaku perwakilan Sampoerna untuk Indonesia mengaku bangga menjadi mitra strategis Pemprov Jatim dalam mencapai nawa bhakti satya. Kami telah tiga tahun bekerja sama dengan YRKS, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jatim dalam mendampingi dan memberdayakan BUM Desa di Jawa Timur.

"Tahun lalu ada empat desa dan tahun ini enam desa, salah satunya di Poetoek Soeko. Kami berharap apa yang telah diberikan bisa bermanfaat dan memberikan kesejahteraan serta semangat masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi" ujar Manajer Hubungan Eksternal Regional Jatim

Sementara itu, Dwi Ariady Kusuma selaku pelaksana program Klinik BUM Desa Jatim menyampaikan bahwa Zona KIP merupakan inovasi produk wisata sebagai penguatan Desa Wisata.

"Zona KIP yang diluncurkan Ibu Gubernur hari ini merupakan upaya strategis tim Klinik BUM Desa Jatim dalam mendorong peningkatan pengunjung ke desa wisata Poetoek Soeko dengan menghadirkan konsep arena atraksi pertunjukan bagi anak muda maupun keluarga untuk berkreasi, berinovasi dan produktif berkarya," tuturnya.

Ari juga menambahkan bahwa penyaluran bantuan Zona KIP pada tahun ini juga akan disalurkan pada 5 desa wisata dampingan lainnya di Jawa Timur.

"Selain desa wisata Poetoek Soeko, Mojokerto, tim Klinik BUM Desa Jatim juga akan menyalurkan bantuan Zona KIP ke desa wisata Pantai Lon Malang, Sampang, Pesona Ngiroboyo, Pacitan, Pantai Tambakrejo, Blitar, Plaza Bukit Surga, Nganjuk, Watu Rumpuk Mendak, Madiun," ungkap Direktur KIP Foundation.

Dalam acara peresmian Zona KIP di Desa Wisata Poetok Soeko, turut dihadiri oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Direktur Hubungan Eksternal Sampoerna untuk Indonesia Ishak Danuningrat, Direktur PKN STAN Rahmadi Murwanto, Kepla Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur Soekaryo, beserta OPD Pemprov Jatim dan Pemkab Mojokerto.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1533 seconds (11.252#12.26)