Maluku Utara Punya Mesin PCR Sendiri

Kamis, 25 Juni 2020 - 05:44 WIB
loading...
Maluku Utara Punya Mesin PCR Sendiri
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku Utara menerima bantuan satu set alat polymerase chain reaction (PCR) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Foto iNews TV/Ismail S
A A A
TERNATE - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku Utara menerima bantuan satu set alatpolymerase chain reaction (PCR) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai bentuk perhatian Pemerintah Pusat dalam menangani pendemi COVID-19.

Bantuan tersebut diserhkan langsung oleh Kepala BPBD Provinsi Maluku Utara, Yunus Badar kepada Pemerintah Daerah yang diterima Sekretaris Daerah Samsudin Abdulkadir di Media Center Gugus Tugas COVID-19-, Sahid Bela Hotel Ternate, Rabu (24/06/2020).

Bantuan (PCR) itu akan langsung diserahkan kepada Rumah Sakit Umum Daerah Chasan Boesorie Ternate, yang meenjadi Rumah Sakit rujukan pasien COVID-19 di Provinsi Maluku Utara. (Baca: Dua Pasien Sembuh Kembali ke Kota Ternate)

“Bantuan yang kita terima ini semoga bisa segera berfungsi agar dapat mengurangi antrean specimen test yang sudah diterima oleh tim medis. Sehingga para pasien yang menunggu hasil lebih cepat. Kita berharap kepada masyarakat bahwa kita sudah punya sejak lama namun karena barangnya cukup langka sehingga baru di datangkan,”kata Sekprov Samsudin.

Dia menambahkan, bantuan alat (PCR) yang diterima Gugus Tugas Malut, terdiri dari mesin (PCR), Stavil, Laptop, Printer 2.000 picer RNA, 2.000 picis PCR, 2.000 Cotan Swab, 2.000 picis Tube dan 2.000 VTM.

"Saat ini pasien positif COVID-19 di Maluku Utara bertambah 96 sehingga jumlah pasien positif COVID-19 berjumlah 560 orang. Sementara pasien sembuh bertambah 6 orang menjadi 88 orang dan pasien meninggal tetap 26 orang," tandasnya.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)