Cerita Ngeri Perang Puputan Bali, Perjuangan Heroik hingga Bunuh Diri Massal

Kamis, 23 Juni 2022 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Saat tiba di Gianyar, kompeni Belanda disambut dengan penuh hormat. Termasuk perjanjian baru yang intinya pengambilalihan hak pengelolaan opium dari raja ke Kolonial Belanda, juga ia tandatangani.

Dewa Agung Gede juga menyerahkan dua daerah terpentingnya, yakni Abeansemal dan Sabang yang terletak di antara Gianyar dan Tabanan.

Meski sepintas tampak patuh, berbagai persyaratan di luar batas yang diterapkan kompeni Belanda itu diam-diam menimbulkan rasa dendam. “Maka bisa dianggap wajar bila dendam tumbuh sejak saat ini,” kata Van Kol.



Di tengah berlangsungnya insiden kecil yang mengacaukan kepentingan pengelolaan opium, Belanda semakin meningkatkan kesewenang-wenangannya.

Belanda meminta semua senjata diserahkan. Kemudian semua jenis benteng pertahanan harus diruntuhkan sampai rata dengan tanah. Semua yang dimiliki penguasa Klungkung, dirampas.

Dewa Agung Gede habis kesabaran dan memutuskan melawan. Ia mendapat sokongan kekuatan dari Tjokorda Gelgel, yakni pangeran atau penguasa di bawah raja.

Saat kompeni Belanda menyerbu Puri, perang pun tak bisa terlelakkan lagi. Pertahanan Puri Klungkung diperkuat dengan membuat lobang-lobang yang dikamuflase dengan tanaman pohon dan tanah liat.



Meski banyak bangunan yang runtuh, lobang yang ada mampu menyelamatkan rakyat Klungkung dari bombardir peluru kapal perang kompeni Belanda. Kendati demikian penjajah Belanda pada akhirnya berhasil merebut Puri Kerajaan sekaligus memasang meriam-meriam dan senapan yang siap ditembakkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)