Dokter Spesialis Anak: Jangan Sepelekan Nutrisi bagi Anak Usia Prasekolah

Jum'at, 17 Juni 2022 - 23:16 WIB
loading...
Dokter Spesialis Anak: Jangan Sepelekan Nutrisi bagi Anak Usia Prasekolah
Dokter spesialis anak mengingatkan para orang tua agar tidak menyepelekan asupan nutrisi bagi anak-anak usia 3-5 tahun yang dikenal sebagai anak usia prasekolahusia prasekolah. Foto ist
A A A
BOGOR - Dokter spesialis anak, dr MN Ardi Santoso, M.Kes, Sp.A mengingatkan para orang tua agar tidak menyepelekan asupan nutrisi bagi anak usia prasekolah. Menurutnya, nutrisi sangat penting bagi anak-anak usia 3-5 tahun yang dikenal sebagai anak usia prasekolah.

Sebab, usia prasekolah merupakan fase di mana anak-anak sudah semakinaktif dan banyak belajar hal baru, mulai dari kemampuan bahasa, kognitif, motorik, hingga sosial dan emosionalnya. Baca juga: Dukung Generasi Maju Indonesia, SGM Eksplor Gelar Kompetisi Berbagi Cerita



“Pada usia tiga tahun, 80 persen perkembangan kognitif anak berkembang pesat terutama dalam lonjakan kosakata. Jadi penting nutrisi bagi perkembangan anak. Jangan sampai disepelekan, terutama nutrisi untuk memaksimalkan perkembangan kognitif saat anak memasuki usia prasekolah," ungkap dokter Ardi, Jumat (17/6/2022).

Dia menjelaskan, tidak lengkapnya nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan kognitif dapat membuat tumbuh kembang anak menjadi terhambat. Bahkan pada beberapa kasus, masalah kekurangan nutrisi dapat berakibat fatal bagi anak.

"Untuk itu, orang tua jangan hanya melihat dari porsi makanan yang dikonsumsi anak, tapi juga harus memperhatikan kualitas asupan nutrisinya. Karena, kebutuhan nutrisi anak cenderung tidak tercukupi dengan baik hanya dari menu makanan sehari-hari," ujarnya..

Dalam memenuhi kebutuhan makanan anak sehari-hari, lanjutnya, selain memperhatikan menu makan dengan gizi seimbang, sebaiknya bisa didukung juga dengan asupan nutrisi yang mudah diserap tubuh seperti dari susu pertumbuhan terfortifikasi yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian anak.

Sebab pada usia prasekolah, anak yang mulai aktif juga harus memenuhi nutrisi yang sesuai dengan aktivitas fisik dan perkembangan kognitifnya. Baca juga: Jaga Loyalitas Konsumen, Danone Siagakan Layanan Multi-Channel 24 Jam

“Untuk mendukung aktivitas fisik dan tumbuh kembang anak usia prasekolah, pastikan anak mendapat energi yang cukup dari sumber makanan yang kaya karbohidrat dan lemak. Selain itu, mereka juga membutuhkan nutrisi untuk perkembangan kognitifnya seperti Omega 3 (DHA), Omega 6, dan zat besi, yang dibutuhkan agar dapat mulai belajar dengan lebih baik," bebernya.

Sementara itu, dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK mengatakan, penyebab masalah nutrisi pada anak paling umum adalah karena ketidaktahuan orang tua tentang kebutuhan nutrisi dalam setiap tahapan tumbuh kembang anak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1609 seconds (10.55#12.26)