Dokter Spesialis Anak: Jangan Sepelekan Nutrisi bagi Anak Usia Prasekolah

Jum'at, 17 Juni 2022 - 23:16 WIB
loading...
Dokter Spesialis Anak: Jangan Sepelekan Nutrisi bagi Anak Usia Prasekolah
Dokter spesialis anak mengingatkan para orang tua agar tidak menyepelekan asupan nutrisi bagi anak-anak usia 3-5 tahun yang dikenal sebagai anak usia prasekolahusia prasekolah. Foto ist
A A A
BOGOR - Dokter spesialis anak, dr MN Ardi Santoso, M.Kes, Sp.A mengingatkan para orang tua agar tidak menyepelekan asupan nutrisi bagi anak usia prasekolah. Menurutnya, nutrisi sangat penting bagi anak-anak usia 3-5 tahun yang dikenal sebagai anak usia prasekolah.

Sebab, usia prasekolah merupakan fase di mana anak-anak sudah semakinaktif dan banyak belajar hal baru, mulai dari kemampuan bahasa, kognitif, motorik, hingga sosial dan emosionalnya.



“Pada usia tiga tahun, 80 persen perkembangan kognitif anak berkembang pesat terutama dalam lonjakan kosakata. Jadi penting nutrisi bagi perkembangan anak. Jangan sampai disepelekan, terutama nutrisi untuk memaksimalkan perkembangan kognitif saat anak memasuki usia prasekolah," ungkap dokter Ardi, Jumat (17/6/2022).

Dia menjelaskan, tidak lengkapnya nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan kognitif dapat membuat tumbuh kembang anak menjadi terhambat. Bahkan pada beberapa kasus, masalah kekurangan nutrisi dapat berakibat fatal bagi anak.

"Untuk itu, orang tua jangan hanya melihat dari porsi makanan yang dikonsumsi anak, tapi juga harus memperhatikan kualitas asupan nutrisinya. Karena, kebutuhan nutrisi anak cenderung tidak tercukupi dengan baik hanya dari menu makanan sehari-hari," ujarnya..

Dalam memenuhi kebutuhan makanan anak sehari-hari, lanjutnya, selain memperhatikan menu makan dengan gizi seimbang, sebaiknya bisa didukung juga dengan asupan nutrisi yang mudah diserap tubuh seperti dari susu pertumbuhan terfortifikasi yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian anak.

Sebab pada usia prasekolah, anak yang mulai aktif juga harus memenuhi nutrisi yang sesuai dengan aktivitas fisik dan perkembangan kognitifnya.

“Untuk mendukung aktivitas fisik dan tumbuh kembang anak usia prasekolah, pastikan anak mendapat energi yang cukup dari sumber makanan yang kaya karbohidrat dan lemak. Selain itu, mereka juga membutuhkan nutrisi untuk perkembangan kognitifnya seperti Omega 3 (DHA), Omega 6, dan zat besi, yang dibutuhkan agar dapat mulai belajar dengan lebih baik," bebernya.

Sementara itu, dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK mengatakan, penyebab masalah nutrisi pada anak paling umum adalah karena ketidaktahuan orang tua tentang kebutuhan nutrisi dalam setiap tahapan tumbuh kembang anak.

"Meskipun selalu menyiapkan makanan secara teratur, tidak jarang orang tua kurang memperhatikan apa saja dan berapa banyak nutrisi penting yang dibutuhkan bagi tumbuh kembang anak di setiap tahapan usianya. Terutama saat anak sudah menginjak usia 3 tahun ke atas atau prasekolah," ujar dokter Dian.

Sebagian besar orang tua menganggap bahwa selama anak mau makan dengan lahap serta anak terlihat sehat dan aktif, itu sudah lebih dari cukup. Makanan bernutrisi seperti sayuran, buah, dan susu dalam menu makanan anak pun terabaikan.

"Akibatnya, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak tidak cukup untuk mendukung tumbuh kembang maksimalnya. Untuk itu, agar anak tumbuh maksimal, orang tua harus dapat memenuhi kelengkapan nutrisi sesuai tahapan usianya, termasuk pada saat anak memasuki usia prasekolah,” tambahnya.

Lanjut dr Dian, setidaknya ada beberapa nutrisi lainnya yang harus dipenuhi oleh anak-anak setiap harinya, mulai dari protein, lemak sehat, kalsium, vitamin C dan D yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang, dan gigi serta mengatur fungsi syaraf dan jaringan otot.

"Untuk melengkapi berbagai kebutuhan nutrisi tersebut, orang tua harus memperhatikan menu makan dengan gizi seimbang dan jika perlu bisa dilengkapi dengan mengonsumsi susu pertumbuhan,” imbuh dr Dian.

Senior Brand Manager SGM Eksplor 3 Plus, Shiera Syabila Maulidya mengatakan, pihaknya menyadari bahwa setiap orang tua, pasti ingin memberikan yang terbaik untuk kemajuan anaknya. Termasuk dalam hal pemenuhan nutrisi.

"Oleh karena itu, kami terus berkomitmen mendukung kemajuan anak Indonesia dengan mengembangkan inovasi produk susu bubuk pertumbuhan SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx, yang dilengkapi DHA, Minyak Ikan, Omega 3&6, Tinggi Kalsium, Vitamin D, serta IronC, nutrisi tepat untuk dukung si kecil siap belajar,” tutur Shiera.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)