Miris, Gajah Sumatera Ditemukan Mati dengan Kondisi Mulut Mengeluarkan Darah

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:59 WIB
loading...
Miris, Gajah Sumatera Ditemukan Mati dengan Kondisi Mulut Mengeluarkan Darah
Seekor gajah Sumatera ditemukan mati di kawasan perusahaan PT. Arara Abadi (Sinar Mas Group) di Kilometer 48 Dusun Kayu Api Desa Koto Pait Beringin Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. (Ist)
A A A
PEKANBARU - Seekor gajah Sumatera ditemukan mati di kawasan perusahaan PT. Arara Abadi (Sinar Mas Group) di Kilometer 48 Dusun Kayu Api Desa Koto Pait Beringin Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Saat ditemukan kondisinya satwa dilindungi ini mengeluarkan darah. "Gajah yang mati dewasa dan berjenis kelamin betina," kata Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko, Kamis (26/5/2022).

Dikatakan, pada 25 Mei 2022 sekitar pukul 16.30 WIB, pihak Polsek Pinggir mendapat informasi kalau ada gajah ditemukan tergeletak di pinggir jalan di Km 48 Koto Pait Beringin, Dusun Pematang Gonting, Kecamatan Talang Muandau tepatnya di areal lahan Akasia PT. Arara Abadi Dusun Kayu Api Desa Koto Pait, Talang Muandau.

Hasil penyelidikan, kondisi satwa yang kini diambang kepunahan itu mengeluarkan darah dari mulut. Darah itu juga ditemukan di tanah. Belum diketahui juga penyebab kematian hewan bernama latin elephas maximus sumatranus itu.

"Mulut mengeluarkan darah. Selain itu fisik gajah sudah kaku dan sudah mengeluarkan bau," tambah Kapolsek Pinggi Kompol Maitertika.

Baca: Diduga Rem Blong, Truk Fuso Tabrak Rumah Warga di Pematangsiantar.

Atas kematian satwa yang dilindungi negara dan dunia itu, pihak kepolisian melakukan kordinasi dengan pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Baca Juga: Penyakit Mulut dan Kuku Serang Ternak Warga di Riau, 5 Sapi Diisolasi.

"Langkah yang sudah kita lakukan menghubungi BBKSDA dan paramedis hewan untuk dilakukan nekropsi. Memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak mendekati lokasi," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)