PEPC JTB Luncurkan Buku Tentang Sukses Pendampingan BUMDes

Kamis, 19 Mei 2022 - 07:15 WIB
loading...
A A A
Menurutnya, ini merupakan bukti nyata komitmen dalam pengembangan masyarakat untuk masyarakat di sekitar lokasi proyek. "Selamat kepada PEPC JTB yang telah menetaskan buku yang kami tunggu-tunggu ini, selanjutnya semoga dapat tumbuh dan berkembang sesuai harapan kita bersama," tutupnya.

Budidaya ayam petelur ini dijalankan oleh BUMDes Makmur Rejo, yang berlokasi di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. Manfaat dari kegiatan ini, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar Bandungrejo.

Kedepannya tidak menutup kemungkinan kegiatan ini dapat berkembang lebih luas, sehingga produksinya dapat memenuhi kebutuhan telur di wilayah Bojonegoro. Pemenuhan kebutuhan telur di Bojonegoro, dari peternak lokal baru mengisi 20 persen dari total kebutuhan yang ada dan sisanya berasal dari luar Kabupaten Bojonegoro. Pembelajaran dari buku ini dapat membuka peluang dalam mengisi kebutuhan akan telur di Bojonegoro.



Diskusi bedah buku ini, menghadirkan dua narasumber dari Koordinator Program Studi S3 Ilmu Ekonomi Islam Universitas Airlangga, Raditya Sukmana, dan Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa, DPMD Provinsi Jawa Timur, Endah Binawati Muriandin dengan peserta lain yang dari pemangku kepentingan pemerintahan, LSM, akademisi serta mahasiswa yang mengapresiasi hadirnya buku tentang BUMDes ini.

Banyak masukan saran dan kritik yang disampaikan oleh para hadirin pada diskusi peluncuran buku ini dan diterima oleh JTB Site Office & PGA Manager PEPC, Edy Purnomo, yang juga merupakan salah satu penulis buku ini. "Terima kasih atas semua masukan dan kritik yang diberikan kepada kami, ini akan menjadi bagian untuk penyempurnaan kedepannya," tuturnya.

Joko Hadi Purnomo yang juga merupakan salah satu penulis mengatakan, buku ini ditulis untuk mendokumentasikan proses pendampingan selama pelaksanaan program pengembangan masyarakat oleh PEPC JTB dan sebagai bentuk sharing kepada seluruh stakeholder yang tertarik pada isu pemberdayaan.



Buku "Menetas, Tumbuh, Berkembang di Jambaran Tiung Biru" mengulas tentang pemberdayaan masyarakat ini merupakan karya dari enam penulis, yaitu Edy Purnomo, Edi Arto, Endra Mugi Rahayu, Bayu Tangguh Familu, Joko Hadi Purnomo, dan Laily Mubarokah.

Buku ini banyak memuat tentang berbagai praktik baik dalam pengelolaan BUMDes, perjalanan pendampingan tata kelola dan pemberdayaan masyarakat, serta kondisi sebelum pelaksanaan program beserta capaian positifnya yang diharapkan dapat memberikan ide gagasan dan gambaran dalam pengelolaan BUMDes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3201 seconds (0.1#10.140)