Bandara Sultan Hasanuddin Buka Posko Terpadu Angkutan Udara 2022

Minggu, 24 April 2022 - 17:41 WIB
loading...
A A A
"Kesiapan sarana dan fasilitas bandara telah dipastikan siap dan akan dilakukan inspeksi rutin. Kami juga berkoordinasi dengan stakeholder seperti Otoritas Bandara, Airnav, TNI, Kepolisian, dan maskapai demi kelancaran operasional di bandara," jelas Wahyudi.

Dia menuturkan, pengawasan dan pemantauan dilakukan secara manual seperti adanya patroli gabungan dan secara digital dengan mengandalkan Airport Operation Control Center (AOCC) agar dapat beroperasi secara efektif dan efisien.

Terkait pengamanan posko terpadu ini, pihak Bandara Sultan Hasanuddin melibatkan sekitar 72 orang, yang terdiri dari security, TNI AU dan Satuan Kepolisian.

Sementara itu, menganai pergerakan penumpang pesawat, Wahyudi menjelaskan, hingga hari ini belum terlihat lonjakan penumpang yang signifikan. Hanya saja. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, saat ini sudah ada kenaikan hingga 20 persen.

"Nanti kita bisa melihat kenaikan jumlah penumpang itu di H-5, karena diperkirakan di hari itu arus mudik mulai terasa. Apalagi selama tiga tahun ini mudik lebaran ditiadakan. Maka kami memperkirakan lonjakan baru terlihat jelas di H-2 lebara," jelasnya.

Jika dibandingkan dengan periode lebaran tahun lalu, pergerakan penumpang diprediksi akan meningkat sekitar 28.000 penumpang setiap harinya atau meningkat sekitar 410%. "Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 28 April 2022 dan puncak arus balik diprediksi pada 5 Mei 2022," ujarnya.

Baca juga:Bandara Sultan Hasanuddin Resmi Buka Penerbangan Internasional

Sebagaimana diketahui juga ada sedikit tambahan aturan melalui Addendum SE Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 yang menambahkan bahwa anak usia 6-17 tahun tidak perlu melakukan tes Covid-19 apabila sudah melakukan vaksin dosis 2.

Layanan vaksinasi dan tes Covid di bandara masih terus tersedia bagi pengguna jasa yang membutuhkan layanan tersebut untuk memenuhi syarat perjalanan.
(luq)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3790 seconds (0.1#10.140)