Puncak Mudik di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Diprediksi H-3

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:37 WIB
loading...
Puncak Mudik di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Diprediksi H-3
Manajemen Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar terus berbenah menyambut musim mudik lebaran Idulfitri 1445 Hijriyah. Foto/Abdoellah Nicolha
A A A
MAKASSAR - Manajemen Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar terus berbenah menyambut musim mudik lebaran Idulfitri 1445 Hijriyah. General Manager Bandara Sultan Hasanuddin PT Angkasa Pura I, Taochid Purnomo Hadi memprediksi puncak arus mudik terjadi H-3 Lebaran.

"Kami prediksi H-3 sebelum hari lebaran, itu sudah puncak arus mudik. Kami prediksi bisa tembus sampai 38.000 pengguna jasa dalam sehari,” katanya kepada wartawan saat buka puasa bersama, Kamis (28/3/2024).

Selain prediksi puncak arus mudik, pihaknya juga memperkirakan jumlah penumpang mencapai 530.000 orang yang menggunakan Bandara Sultan Hasanuddin selama libur lebaran dan arus mudik. Karena itu, pihaknya menyarankan para pengguna jasa datang lebih awal.



“Kami juga menyarankan kepada pengguna jasa agar datang lebih awal. Kami berharap 2-3 jam jadwal terbang itu sudah ada di bandara,” ungkapnya.

Selama musim arus mudik lebaran, pihaknya menurunkan 592 personel yang akan bertugas di posko mudik Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. “Nantinya mereka akan bergantian berjaga di dua posko arus mudik yang disiapkan di tempat kedatangan dan keberangkatan,” ujarnya.

Taochid menyebutkan, pembukaan posko itu sesuai dengan perintah Kementerian Perhubungan. Berbeda dari tahun sebelumnya, jumlah posko yang disiapkan ada dua, di area keberangkatan dan kedatangan.

Penambahan posko itu lanjutnya, setelah melihat banyaknya jumlah penumpang di area kedatangan dibanding area keberangkatan. “Sebaliknya seusai lebaran, jam terbang menuju luar kota lebih banyak dari yang datang," ujarnya.



Sementara untuk arus balik akan dimulai sekitar tanggal 18 April 2024, atau H+7 lebaran. “Jumlah penumpang nanti diprediksi bisa sampai 40.000-an dalam sehari, yang terpusat di area keberangkatan," ungkapnya.

Dia menandasnya, saat ini penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sudah mencapai 23.000 sampai 24.000 per hari, dan diprediksi akan terus meningkat hingga puncak mudik.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)