Belum Genap 2 Bulan Menjabat, Kades di Banyuasin Bangun Jalan dengan Uang Pribadi

Rabu, 06 April 2022 - 14:16 WIB
loading...
Belum Genap 2 Bulan Menjabat, Kades di Banyuasin Bangun Jalan dengan Uang Pribadi
Penampilan M Adam sebagai Kepala Desa Muara Baru, jauh dari kesan glamour dan sangat sederhana dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala desa, meskipun telah banyak membangun untuk desanya. Foto SINDOnews
A A A
BANYUASIN - Penampilan M Adam sebagai Kepala Desa Muara Baru, jauh dari kesan glamour dan sangat sederhana dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala desa, meskipun telah banyak membangun untuk desanya.

Meski baru dilantik 11 Februari 2022 lalu sebagai kepala desa, namun sejumlah terobosan telah dilakukannya. Seperti pembangunan jalan desa setempat dengan spesifikasi lebar jalan enam meter dan panjang mencapai empat kilometer Baca juga:
Perampokan Emas 3 Kg di Bekasi, Polisi Curiga Orang Dekat


Jalan tersebut dibangunnya dengan dana pribadi, bukan menggunakan anggaran dana desa . Menurutnya, gebrakan pembangunan yang dilakukannya hanyalah menjalankan program pribadi. "Saya sebenarnya prihatin dengan keadaan desa saya, jadi saya berani berkorban untuk desa. Itu merupakan program sendiri karena saat ini belum memiliki program untuk pemerintahan desa," ujar M Adam, Rabu (6/4/2022).



Dijelaskan Adam, dalam mewujudkan program pribadi seperti membangun akses jalan sepanjang empat kilometer tersebut, dirinya juga enggan dan malu-malu membeberkan jumlah dana yang dikeluarkan.

"Kalau perkiraan dana belum tahu, saya hanya menugaskan pekerja untuk terus melakukan pekerjaan pembangunan jalan itu. Urusan biaya tidak terlalu pusing, berapa pun biayanya tidak jadi masalah, yang penting bisa dilewati kendaraan," jelasnya.

Selain telah membangun jalan desa secara pribadi, lanjut M Adam, dirinya juga akan meminta kepada Pemkab Banyuasin untuk membangun sebuah jembatan besar yang dapat menghubungkan dengan Kota Palembang yang menelan anggaran Rp2 miliar.

"Saat ini sudah ada enam jembatan kecil yang hanya bisa dilalui sepeda motor. Tapi untuk membangun jembatan besar yang bisa dilintasi kendaraan mobil, kita minta bantuan ke Pemkab," jelasnya.

Terobosan lainnya yang dilakukan M Adam sebagai Kades Muara Baru yakni berani tidak menerima gaji yang berjumlah sekitar Rp3 juta. Gaji yang seharusnya diterimanya tersebut direncanakan akan digunakan untuk membuka lapangan pekerjaan.

Dengan uang Rp3 juta tersebut, M Adam akan membeli mesin pencetak batako dari Surabaya. Dengan demikian, warganya bisa mendapatkan pekerjaan dengan menjadi pengrajin batako. Lalu, batako hasil dari warganya tersebut akan dibelinya dengan gaji Kades.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1110 seconds (10.55#12.26)