Belum Genap 2 Bulan Menjabat, Kades di Banyuasin Bangun Jalan dengan Uang Pribadi

Rabu, 06 April 2022 - 14:16 WIB
loading...
A A A
Tak hanya itu, M Adam juga akan memberikan bantuan kepada warganya yang melahirkan dengan besaran bantuan yakni Rp800 ribu, yang juga merupakan uang pribadi. Hal ini dilakukan hanya demi kemanusiaan.

Wakil Ketua BPD Desa Muara Baru, Indra Yuda menjelaskan, batako hasil produksi warga tersebut selanjutnya akan disumbangkan kepada warganya yang membutuhkan, terutama bagi warga yang kondisi rumahnya tidak layak ditempati."Rencananya untuk satu rumah warga yang tidak layak akan mendapatkan bantuan 1.000 batako. Seperti dinding rumah yang terbuat dari kayu dan atap rumah dari daun," jelasnya.

Melihat sejumlah terobosan sebagai Kades yang berani mengeluarkan uang pribadi untuk kepentingan warganya, ternyata M Adam memiliki sumber keuangan yang tak ternilai. Dirinya diketahui merupakan warga asli setempat dan merupakan orang kaya lama desa tersebut. Orangtuanya merupakan perintis desa tersebut sejak 1946 sebagai Kepala Parit, yang memiliki 13 hektar kebun kelapa yang sudah berproduksi.

Selain itu, sumber keuangan M Adam lainnya sebagai Kades yakni berasal dari perkebunan sawit seluas 8 hektar yang merupakan miliknya, serta telah menjalani bisnis sejak berusia muda sebagai pengepul kelapa untuk diekspor ke luar negeri.

Bupati Banyuasin, Askolani, mengapresiasi M Adam yang baru menjabat sebagai Kades Muara Baru 11 Februari 2022 lalu, tetapi langsung melakukan sebuah terobosan yang luar biasa. Askolani mengatakan, pembangunan infrastruktur dengan dana pribadi tidak diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri. Sehingga dalam membangun desa tidak harus menunggu bantuan dari pemerintah.

"Ketika masyarakat bisa bergotong royong maka itu sangat baik, karena dalam membangun desa, selain menggunakan dana desa bisa juga dilakukan dengan menggunakan dana CSR dan lainnya. Desa Muara Baru ini bisa dijadikan contoh, memang setiap desa memiliki kemampuan masing-masing dan tidak sama," ucap Askolani.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6291 seconds (0.1#10.140)