Kapal Bocor Puluhan TKI Ilegal Batal Menyeberang ke Malaysia

Senin, 07 Maret 2022 - 03:31 WIB
loading...
Kapal Bocor Puluhan TKI Ilegal Batal Menyeberang ke Malaysia
Puluhan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal gagal berangkat ke Malaysia, karena kapal yang ditumpangi bocor. Foto/iNews TV/Fadly Pelka
A A A
BATUBARA - Kapal Motor (KM) Barokah, yang digunakan mengangkut sebanyak 34 Pekerja Minrgan Indonesia (PMI) ilegal, mengalami kebocoran saat hendak menuju Malaysia, dari jalur tikus di wilayah Asahan. Akhirnya, para PMI ilegal yang berjumlah 34 orang ini kembali ke daratan.



Para PMI ilegal dari berbagai daerah di Indonesia ini, berhasil diselamatkan dari kebocoran kapal yang mereka tumpangi. Mereka kembali ke daratan melalui Desa Pahlawan, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.



Setelah berada di daratan, para PMI ilegal ini sempat diinapkan di rumah-rumah penduduk, sambil menunggu proses pertukaran kapal untuk diberangkatkan kembali ke Malaysia. Para PMI ilegal ini terdiri dari 26 orang pria dan tujuh orang wanita, serta satu anak-anak.



Rata-rata PMI ilegal tersebut berasal dari sejumlah daerah di NTT, Jawa Tengah, Jogjakarta, Lombok, Bengkulu, Aceh, Medan, dan Asahan. Salah satu PMI ilegal yang turut dalam rombongan tersebut, Darno mengaku, dipungut biaya keberangkatan oleh agen PMI ilegal mulai dari Rp4 juta-10 juta per orang.



Kapolsek Labuhan Ruku, AKP Jagani Sijabat mengatakan, setelah para PMI ilegal ini diinapkan di rumah penduduk, petugas langsung melakukan penindakan. "Mereka kami berikan pembinaan dan akan segera dikembalikan ke daerah masing masing. Saat ini Polsek Labuhan Ruku bersama Satreskrim Polres Batu Bara, sedang melakukan pengejaran terhadap para agen PMI ilegal ini," tegasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3421 seconds (0.1#10.140)