COVID-19 Kian Mengganas di Jabar, Separuh Tempat Tidur RS Rujukan Penuh

Senin, 14 Februari 2022 - 18:26 WIB
loading...
COVID-19 Kian Mengganas di Jabar, Separuh Tempat Tidur RS Rujukan Penuh
Peningkatan kasus COVID-19 yang kian mengganas di Jawa Barat mengakibatkan separuh tempat tidur di RS rujukan penuh. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Kasus COVID-19 di Provinsi Jawa Barat terus menunjukkan peningkatan. Akibatnya, hampir separuh tepat tidur RS rujukan di Jabar penuh.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Jabar, hingga 13 Februari 2022 lalu, ratio keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) RS rujukan COVID-19 naik hingga 44.67 persen.

Meski begitu, Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jabar, Dewi Sartika menyebutkan, persentase itu masih di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan ambang batas BOR 60 persen.



"Namun, kita tetap harus waspada meskipun masih di bawah batas maksimal WHO 60 persen. Kita tetap mengimbau masyarakat yang terkena dan bergejala ringan supaya melakukan isolasi mandiri di rumah atau di tempat isolasi terpadu yang ada di wilayah dengan pantauan puskesmas setempat," tutur Dewi, Senin (14/2/2022).

Menurutnya, Pemprov Jabar sudah melakukan berbagai langkah antisipasi, salah satunya dengan menjamin ketersediaan tempat tidur RS untuk pasien COVID-19 sebanyak 9.907 tempat tidur dimana saat ini sudah terisi 4.425 tempat tidur.



"Jumlah 9.907 itu sudah mengalami penambahan sebanyak 164 tempat tidur, tentunya dengan semua fasilitas penunjang, termasuk ketersediaan oksigen. Namun, yang kita harapkan tentu saja segala fasilitas yang kita siapkan semoga saja tidak terpakai (karena penanganan terkendali)," katanya.

Dewi juga menjelaskan, keterisian tempat tidur di tempat isolasi non-rumah sakit sudah tersedia di Jabar yakni sebanyak 14 lokasi yang tersebar di kabupaten/kota.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)