Tongkat Sakti Sunan Bonang Ubah Pohon Jadi Emas dan Keluarkan Mata Air

Kamis, 27 Januari 2022 - 05:30 WIB
loading...
Tongkat Sakti Sunan Bonang Ubah Pohon Jadi Emas dan Keluarkan Mata Air
Sunan Bonang saat bertemu dengan Lokajaya. Foto: Istimewa/SINDOnews
A A A
SUNAN Bonang lahir pada 1465 Masehi. Ayahnya adalah Sunan Ampel. Sedang ibunya Nyai Ageng Manila, putri Adipati Tuban yang bernama Aryo Tejo. Sunan Bonang sendiri memiliki nama asli Maulana Makdum Ibrahim.

Cerita tentang Sunan Bonang, kerap diselimuti kisah mistis. Salah satu yang sering diceritakan adalah tongkat saktinya.

Tongkat ini kerap dibawa oleh Sunan Bonang. Bahkan, perampok Raden Said rela bertapa dan menunggui tongkat sakti itu siang dan malam selama tiga tahun, saat ditinggal Sunan Bonang melakukan syiar Islam.



Demikian Cerita Pagi kali ini akan mengulas secara singkat tongkat sakti Sunan Bonang itu. Dikisahkan, kesaktian Sunan Bonang terdengar sampai ke India. Hal ini membuat pemuka agama Hindu di India menjadi cemas.

Mereka tidak rela Islam menggeser dominasi Hindu di Jawa. Maka, diutuslah seorang brahmana sakti untuk mengadu ilmu dan berdebat soal agama dengan Sunan Bonang. Tidak diketahui siapa nama brahmana sakti tersebut.

Singkat cerita, brahmana itu berlayar ke Tuban. Dia membawa bekal buku agama dan ilmu pengetahuan untuk berdebat.



Tetapi nahas, sebelum mendarat di Tuban, perahu yang ditumpanginya kandas digulung ombak. Buku-buku yang dibawa hilang terbawa arus. Namun, brahmana itu selamat. Dia pingsan dan terdampar sendirian di pinggir pantai.

Saat dirinya mulai siuman, matanya melihat sesosok pria berubah putih berjalan kearahnya. Pria itu membawa tongkat dan menancapkannya di hadapan brahmana itu. Dia lalu bertanya, siapakah tuan dan untuk keperluan apa ke Tuban?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)