10 Hektar Sawah Milik Warga di Wajo Dipenuhi Tumbuhan Enceng Gondok

Rabu, 26 Januari 2022 - 21:29 WIB
loading...
10 Hektar Sawah Milik Warga di Wajo Dipenuhi Tumbuhan Enceng Gondok
Sekitar 10 Hektar sawah milik warga di Kelurahan Salomemraleng, dipenuhi tumbuhan enceng gondok. Foto: Ilustrasi
A A A
WAJO - Sekitar 10 Hektar sawah milik warga di Kelurahan Salomemraleng, dipenuhi tumbuhan enceng gondok . Alhasil sejumlah petani di wilayah tersebut tidak bisa menanami sawah miliknya.

Lurah Salomenraleng, Andi Mursalim Tahir, mengatakan, sawah milik warga yang terletak di pinggir sungai tertutupi tumbuhan enceng gondok.



Kejadian itu terjadi sejak tahun 2021, sehingga petani di wilayah Kelurahan Salomenraleng tidak bisa berbuat banyak, akibat lebatnya tumbuhan enceng gondok yang menutupi 10 hektar areal persawahan milik warga.

"Warga sudah dua kali musim tanam tidak bisa menanam sawah miliknya akibat dipenuhi tumbuhan enceng gondok ," ujarnya kepada Sindonews, Rabu (26/1/2022).

Menurut Mursalim, pada pertengahan 2021, warga sempat menanam padi di sawah miliknya, namun sayangnya banjir menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Wajo , sehingha banyak petani yang gagal panen.

"Pertengahan tahun 2021, warga sempat menanam padi di sawah miliknya, namun gagal panen akibat banjir," sambungnya.

Sejumlah cara dilakukan mengurangi jumlah tanaman enceng gondok yang sampai saat ini menutupi lahan warga, diantaranya menyemprotkan racun pestisida agar tumbuhan enceng gondok dapat mati dan mengering.

Meski sudah melakukan penyemprotan, warga harus menunggu beberapa waktu ke depan untuk bisa menyingkirkan tanaman hama yang tumbuh di areal persawahan.

"Kalau sudah disemprot tinggal ditunggu mati dan kering, namun itu membutuhkan waktu, belum lagi kalau hujan dan banjir datang lagi," terangnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2984 seconds (0.1#10.140)
pixels