Kodim Pekalongan Bersama Warga Bersihkan Sampah dan Enceng Gondok di Sungai Bremi Cegah Banjir

Jum'at, 24 Februari 2023 - 14:48 WIB
loading...
Kodim Pekalongan Bersama Warga Bersihkan Sampah dan Enceng Gondok di Sungai Bremi Cegah Banjir
Personel TNI dari Koramil 01/Pekalongan barat bersama BPBD dan warga RT 02/RW 01 Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan membersihan sampah dan enceng gondok. Foto SINDOnews
A A A
PEKALONGAN - Personel TNI dari Koramil 01/Pekalongan barat bersama BPBD dan warga RT 02/RW 01 Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan membersihan sampah dan enceng gondok yang menutupi aliran sungai Bremi tersebut, Jumat (24/2/2023). Tersumbatnya aliran sungai oleh enceng gondok dan sampah menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir.

Dikatakan Danramil 01/Pekalongan Barat Kapten Inf Abdul Mutholib mengatakan aliran Sungai Bremi merupakan salah satu pembuangan air utama di Kecamatan Tirto. Oleh karena itu, Inf Abdul Mutholib berupaya mengajak semua masyarakat sekitar aliran sungai untuk melaksanakan pembersihan sampah dan enceng gondok yang menghambat aliran air sehingga aliran air menjadi lancar.

“Kita kerahkan personel TNI, BPBD, kecamatan dan Kelurahan Tirto serta masyarakat semuanya untuk mengangkat sampah dan enceng gondok. Dan saat ini kita lihat aliran air sudah mulai lancar,” ungkap Danramil Abdul Mutholib.

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat terutama yang dekat dengan aliran Sungai Bremi agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. “Diharapkan dengan dibersihkannya sampah dan enceng gondok semoga banjir yang sempat melanda cepat surut dan tidak kebanjiran lagi”, imbuhnya.

Sementara itu Lurah Tirto Nur Imaniyah mengungapkan, akibat terjadinya banjir yang sempat melanda hampir di seluruh wilayah Kelurahan Tirto karena terdapat adanya sampah dan enceng gondok yang menyumbat aliran sungai sehingga TNI,BPBD dan warga gotong royong kerja bakti membersihkan sampah dan enceng gondok sehingga air dapat mengalir seperti semula.

“Alhamdulillah, terima kasih Pak Danramil dan BPBD sudah mengerahkan pasukannya yang membantu warga kami dalam kerja bakti pembersihan sampah dan enceng gondok sehingga aliran sungai Bremi menjadi lancar,” pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)