Eceng Gondok Penuhi Waduk Saguling, Petambak Ikan Keluhkan Sulitnya Akses

Rabu, 05 Januari 2022 - 04:07 WIB
loading...
Eceng Gondok Penuhi Waduk Saguling, Petambak Ikan Keluhkan Sulitnya Akses
Keberadaan eceng gondok di Waduk Saguling, Kecamatan Cihampelas, KBB, yang semakin bertambah banyak membuat petambak dan pembudidaya ikan kesulitan akibat aksesnya jadi terkendala. Foto/Dok.Warga. (Ist)
A A A
BANDUNG BARAT - Ribuan tanaman eceng gondok yang memenuhi perairan Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dalam beberapa bulan terakhir dikeluhkan oleh para pemilik tambak ikan.

Pasalnya keberadaan tanaman gulma tersebut mengganggu mobilitas para petambak dan pembudidaya ikan, mengingat luas area waduk yang dipenuhi oleh koloni eceng gondong itu mencapai sekitar 10 hektare.

"Sekitar dua atau tiga bulan terakhir ini tanaman eceng gondok begitu rapat dan terus meluas, makanya sangat mengganggu," kata salah seorang petambak ikan asal Desa Mekarjaya, Kecamatan Cihampelas, KBB, Nurdin Hayat (47), Selasa (4/1/2022).

Menurutnya, tanaman eceng gondok paling banyak di temukan di Perairan Waduk Saguling, di blok Sadang dan Sareuni, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cihampelas, KBB. Diperkirakan ke bagian perairan wilayah lainnya juga banyak bukan hanya di Kecamatan Cihampelas saja.

Rapatnya tanaman eceng gondok membuat lalu lintas perahu yang dipakai petambak ikan lumpuh. Kalaupun dipaksakan, baling-baling perahu akan rusak, sehingga aktivitas angkutan hasil ikan serta pakan terpaksa dilakukan melalui jalur darat.

Namun lama kelamaan kondisi tersebut sangat merugikan petani karena ongkos angkutan melalui darat relatif lebih mahal. Selain itu kuantitas muatan lebih sedikit dibanding lewat jalur air yang lebih cepat dan bisa memuat banyak dalam sekali angkut. Baca: 5 Pekerja Tersengat Listrik saat Pasang Tiang Internet, 1 Tewas.

"Ya kalau bawa pakan lewat darat pakai motor paling bisa dua karung, padahal kalau lewat perahu bisa lima karung," keluhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, perairan Waduk Saguling blok Sadang itu pun tak hanya jadi aktivitas petambak ikan. Tapi juga lalu lintas warga menuju Kampung Cilimus, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Cihampelas. Sehingga warga juga terpaksa harus memutar karena air sudah rapat sekali oleh eceng gondok.

"Semoga saja ada perhatian pemerintah daerah atau pihak terkait lainnya, karena sejak satu tahun terakhir di daerah tersebut tidak pernah ada pembersihan eceng gondok," ujarnya. Baca Juga: Tabrakan Maut Sepeda dan Motor di Bangka Barat, Pemotor Tewas.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)