Manfaatkan Enceng Gondok di Danau Toba, Kemenko Marves Jajaki Kerja Sama dengan Swasta

Minggu, 10 Juli 2022 - 14:39 WIB
loading...
Manfaatkan Enceng Gondok di Danau Toba, Kemenko Marves Jajaki Kerja Sama dengan Swasta
Johan Muliawan, Direktur PT. Mayora Indah, Tbk (kanan) dan Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, ST., M.InfoTech, Rektor IT Del (kiri) menandatangai kerja sama penataan enceng gondok di Danau Toba. (Ist)
A A A
TOBA - Memanfaatkan keberadaan tanaman enceng gondok di Danau Toba, Simalungun, Sumatera Utara. Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menjajaki kerja sama dengan PT Mayora Indah, Tbk dan Institut Teknologi Del.

Proses kerja sama di tandai simbolis tanda tangan di Destinasi Pariwisata Super Priotas (DPSP) Danau Toba yang berlangsung di Mayora Group Headquarters, Jakarta, Jumat (8/7/2022) lalu.

Nantinya dalam kerja sama itu, fasilitas pengolahan eceng gondok menjadi pupuk cair dan pupuk padat akan dibangun di Kampus Institut Teknologi Del.

Diharapkan, pengolahan ini akan membawa dampak positif dalam mengurangi populasi eceng gondok di Danau Toba yang awalnya adalah gulma dan mengotori danau, menjadi produk pupuk yang dapat memenuhi kebutuhan para petani didaerah Toba.

Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan, Kosmas Harefa, menjelaskan bila pihaknya berupaya dalam melakukan tugasnya dalam melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian dalam menjadikan DPSP Danau Toba sebagai destinasi pariwisata yang berkualias dan berkelanjutan.

Terlebih sebelumnya, keberadaan eceng gondok selama ini menjadi satu kekhawatiran berbagai pihak mengingat pertumbuhannya terbilang sangat pesat terlihat dari populasinya yang awalnya 100 m2 menjadi 200 m2 hanya dalam waktu 7 hari.

Selain itu, harapan menjadikan Danau Toba sebagai destinasi yang berkualitas kian tercapai. Estetika danau kian terjaga dengan kerja sama ini.

“Kami berharap program ini dapat meningkatkan estetika danau sekaligus memberikan nilai tambah berupa pupuk organik kepada masyarakat,” katanya.

Sejauh ini, populasi eceng gondok terlihat mendominasi area perairan Danau Toba dan mengurangi nilai estetika kawasan yang menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas di Indonesia.

Disisi lain, eceng gondok mengandung unsur- unsur hara seperti Nitrogen, Phosphor dan Potassium masing-masing sebesar 2,34%, 0,24% dan 1,95%, serta asam humat yang menghasilkan senyawa fitohara yang mampu mempercepat pertumbuhan akar tanaman, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik yang akan sangat bermanfaat bagi para petani.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3160 seconds (11.210#12.26)