Kisah Serangan Berdarah Sekutu Sriwijaya saat Berlangsung Resepsi Pernikahan Airlangga

Kamis, 30 Desember 2021 - 06:50 WIB
loading...
Kisah Serangan Berdarah Sekutu Sriwijaya saat Berlangsung Resepsi Pernikahan Airlangga
Patung Airlangga yang didewakan berupa Dewa Wisnu mengendarai Garuda. Koleksi Museum Trowulan, Jawa Timur. Foto/Wikipedia
A A A
Pesta resepsi tengah digelar Raja Dharmawangsa Teguh, untuk pernikahan putrinya dengan keponakannya sendiri, Arilangga. Pesta besar-besaran itu digelar di Wwatan, yakni ibu kota Kerajaan Medang.



Raja Dharmawangsa Teguh merupakan saudara dari ibu Airlangga, Mahendradatta. Saat pesta tengah berlangsung, tiba-tiba sekutu Kerajaan Sriwijaya, Raja Wurawari dari Lwaram melakukan serangan mematikan di pusat kerajaan Medang.



Serangan mematikan Raja Wurawari itu, terjadi tahun 928 Saka atau sekitar tahun 1006-1007 Masehi, dan tercatat dalam prasasti Pucangan. Akibat serangan mematikan itu, Raja Dharmawangsa Teguh tewas bersimbah darah.



Airlangga sendiri yang baru menjadi pengantin, berhasil meloloskan diri dari serangan mematikan itu. Dia lari ke hutan yang kini masuk wilayah Wanagiri. Tak sendirian, Airlangga yang masih berusia 16 tahun melarikan diri ditemani Mpu Narotama.

Untuk menyelamatkan diri, Arilangga dibantu Mpu Narotama terus mengembara dan menjadi pertapa. Bahkan, dari Wanagiri dia mengembara lalu bertapa di Sendang Made yang kini berada di wilayah Kabupaten Jombang.

Pengembaraan panjang Airlangga, berakhir setelah tiga tahun pelariannya sejak peristiwa mematikan di pusat Kerajaan Medang. Dia didatangi utusan rakyat dan memintanya membangun kembali Kerajaan Medang, yang telah porak-poranda.

Ibu kota Kerajaan Medang, Wwatan telah hancur lebur akibat serangan Raja Wurawari. Airlangga akhirnya memutuskan untuk membangun ibu kota baru Kerajaan Medan, yakni di Wwtan Mas yang ada di sekitar Gunung Penanggungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)