Permaisuri Sultan Aji Muhammad Salehudin II ke 20 Wafat, Senin Pagi akan Dimakamkan Secara Adat

Senin, 20 Desember 2021 - 03:29 WIB
loading...
Permaisuri Sultan Aji Muhammad Salehudin II ke 20 Wafat, Senin Pagi akan Dimakamkan Secara Adat
Ibunda Aji Ratu Aida Amidjoyo Gelar Aji Ratu Putro Indera Ningrat, meninggal dunia karena komplikasi penyakit. Foto/iNews TV/Dzulfikar ASH
A A A
KUTAI KARTANEGARA - Duka mendalam menyelimuti Kesultanan Kutai Ing Martadipura. Ibunda Aji Ratu Aida Amidjoyo Gelar Aji Ratu Putro Indera Ningrat, meninggal dunia pada usai 95 tahun akibat komplikasi penyakit, Minggu (19/12/2021).



Sebelum meninggal, keturunan Raja Berau tersebut sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit AM. Parikesit Tenggarong, selama empat malam. Rencananya, jenazah akan dimakamkan Senin (20/12/2021) pagi ini, dengan upacara adat.



Yang Mulia Aji Ratu Aida Amidjoyo Gelar Aji Ratu Putro Indera Ningrat Binti Aji Senuddin, merupakan istri dari Sultan Aji Muhammad Salehudin II ke 20, yang lebih dahuulu meninggal pada tahun 2018 silam lalu.



Sultan Aji Muhammad Arifin yang merupakan putra kedua dari almarhum Aji Ratu Aida Amidjoyo mengatakan, pemakaman akan dilaksanakan Senin (20/12/2021) pagi sekitar pukul 10.00 WITA, dengan prosesi adat di kompleks pemakaman para raja dan sultan di Jalan Tepian Pandan.

Sementara itu, Menteri Adat Kesultanan Kutai Ing Martadipura, Aji Pangeran Aryo Kesuma menjelaskan, usai melakukan ibadah salat magrib ibundanya tiba-tiba drop dan pingsan. "Langsung dibawa ke Rumah Sakit AM. Parikesit. Setelah diperiksa, gula darahnya mencapai 350, dan mengalami gagal ginjal stadium tiga," ujar putera keempat dari almarhum Aji Ratu Aida Amidjoyo tersebut.



Proses pemakaman akan dilaksanakan secara adat Kesultanan Kutai Ing Martadipura, yakni upacara adat damar semurup. Di mana jenazah akan diarak dari kediaman almarhum, menuju ke pemakaman. Aji Ratu Aida Amidjoyo adalah putra dari salah satu Raja Berau yang dinikahi oleh Sultan Aji Muhammad Salehudin II ke 20 pada tahun 1949.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)