Survei Pilkada Kutai Kartanegara Versi LKPI, Ini Hasilnya

Kamis, 05 September 2024 - 19:03 WIB
loading...
Survei Pilkada Kutai...
Elektabilitas bakal calon bupati dan wakil bupati Kutai Kartanegara (Kukar) dalam survei yang dilakukan oleh LKPI. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
KUTAI KARTANEGARA - Elektabilitas bakal calon bupati dan wakil bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Dendi Suryadi dan Alif Turiadi unggul dalam survei yang dilakukan Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI).

Survei diawali dengan pilihan secara top of mind. Responden ditanyakan secara langsung dan spontanitas tentang siapa pasangan calon kepala daerah Kutai Kartanegara yang akan dipilih jika Pilkada digelar nanti.



“Hasilnya pasangan calon kepala daerah Kutai Kartanegara yaitu Dendi Suryadi dan Alif Turiadi unggul. Pasangan ini didukung dan dipilih sebanyak 47,8 persen," kata Direktur Eksekutif LKPI Togu Lubis, Kamis (5/9/2024).

Disusul kemudian pasangan petahana Edi Damansyah dan Rendi Solihin 23,8 persen. Lalu, pasangan calon Awang Yacoub Luthman dan Ahmad Zais dipilih sebanyak 7,7 persen, dan tidak memilih sebanyak 20,7 persen.

Selanjutnya, dengan simulasi pertanyaan tertutup pada kuesioner yang dibagikan pada 1.400 responden berisi nama dan gambar ketiga paslon kepala daerah Kutai Kartanegara dan diberi pertanyaan paslon mana yang akan dipilih pada Pilkada 27 November 2024.

Hasilnya, kata Togu, ada peningkatan dukungan dan pilihan pada pasangan Dendi Suryadi dan Alif Turiadi hingga mencapai 53,7 persen dibandingkan pilihan secara top of mind.



"Sedangkan pasangan petahana Edi Damansyah dan Rendi Solihin dipilih sebanyak 26,9 persen, kemudian pasangan dari jalur independen Awang Yacoub Luthman dan Ahmad Zais hanya dipilih sebanyak 7,8 persen dan yang tidak memilih sebanyak 11,6 persen," kata Togu.

Dia menjelaskan, dari survei juga ditemukan sebanyak 80,8 persen pemilih atau responden telah menentukan pilihannya. Sebanyak 10,4 persen pemilih akan menentukan pilihan pada hari pemilihan dan sebanyak 8,8 tidak menjawab.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)