Billy Mambrasar Ajak Pemuda Kutai Timur Aktif dalam Perekonomian IKN

Selasa, 03 September 2024 - 13:08 WIB
loading...
Billy Mambrasar Ajak...
Empowering Youth Talk Show yang diselenggarakan Kutim Action di Cafe Meet Point, Sangatta, Kalimantan Timur. Foto/Istimewa
A A A
KUTAI TIMUR - Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan, dan Daerah Terluar Billy Mambrasar mengajak para pemuda Kutai Timur untuk terlibat aktif dalam pembangunan dan pengembangan ekonomi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Billy menekankan pentingnya peran pemuda dari Kutai Timur dalam mendukung IKN, terutama dalam hal penyediaan kebutuhan pokok dan pangan, yang dapat membantu menggerakkan perekonomian daerah di Kalimantan.

“Sebagai anak Timur, saya memahami betul tantangan kesenjangan akses yang dihadapi. Saya ingin mendorong sektor pertanian dan UMKM di Kutai Timur agar anak muda bisa menjadi pengusaha yang menyuplai kebutuhan IKN,” kata Billy dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/9/2024).



Hal itu, kata dia, menjadi peluang besar bagi pemuda Kutai Timur untuk naik kelas dan dalam jangka panjang. ”Ini akan mendukung visi ketahanan pangan negara yang dirancang Presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto,” ucapnya.

Billy juga menyoroti potensi Kutai Timur sebagai Superhub IKN, yang dapat menyuplai kebutuhan pangan, energi, dan mineral bagi ibu kota baru, serta menciptakan efek ganda bagi perekonomian dan pendapatan daerah.

Menurut Billy, IKN memerlukan waktu 20-30 tahun untuk berkembang sepenuhnya, dan selama periode tersebut, Kutai Timur harus berperan sebagai penyangga utama IKN.

“Kutai Timur memiliki potensi besar sebagai salah satu kabupaten terkaya di Indonesia dengan cadangan batu bara dan kelapa sawitnya. Namun, kekayaan alam harus diiringi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusianya, khususnya para pemuda,” ungkap Duta SDGs Indonesia.

Ketua Kutim Action Fikri Ghozali menyatakan harapannya bahwa kehadiran Billy Mambrasar dapat menjadi momentum bagi pemuda Kutai Timur untuk lebih aktif berkontribusi dalam pembangunan daerah.

“Pemuda Kutai Timur tidak hanya akan menjadi penonton, tetapi juga pemain utama dalam sejarah pembangunan Indonesia, terutama dalam pembangunan IKN maupun menjadi motor penggerak ekonomi di Kalimantan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kutim, Basuki Isnawan, memberikan apresiasi tinggi atas kehadiran Billy yang dianggap sangat inspiratif dan bisa memompa semangat pemuda di Kutai Timur untuk mencari peluang dalam target Indonesia Emas.

“Kehadiran beliau di sini diharapkan bisa memotivasi anak muda di Kutim. Semoga akan lahir lebih banyak ‘Billy Mambrasar’ dari Kutim yang bisa menjadi teladan dan penggerak kemajuan daerah,” tutup Basuki.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2457 seconds (0.1#10.140)