Kebakaran Lahap 10 Rumah di Kutai Kertanegara, 1 Mahasiswa Tewas Terbakar

Kamis, 05 September 2024 - 12:54 WIB
loading...
Kebakaran Lahap 10 Rumah...
Kebakaran besar melanda permukiman padat penduduk di Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Foto: iNews TV/Dzulfikar ASH
A A A
KUTAI KARTANEGARA - Kebakaran besar melanda permukiman padat penduduk di Jalan Kita Jua Gunung Belah, RT 73, Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Kamis (5/9/2024) dini hari.

Akibat peristiwa kebakaran yang terjadi pukul 03.48 WITA menyebabkan 10 bangunan rumah dan menewaskan Dafi Nur Hidayat (18). Korban merupakan mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) asal Muara Wis.

“Berdasarkan penyelidikan awal, kebakaran diduga disebabkan oleh korsleting listrik yang terjadi di sebuah rumah kosong,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kutai Kertanegara Fida Hurasani, Kamis (5/9/2024).



Menurut dia, kondisi lokasi kebakaran sangat menyulitkan upaya evakuasi. Letak gang buntu di area tersebut membuat warga kesulitan untuk menyelamatkan diri, termasuk korban yang akhirnya meninggal di tempat kejadian.

“Kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah jatuhnya korban jiwa. Sayangnya, lokasi kebakaran yang terisolasi dan adanya gang buntu membuat proses evakuasi sangat sulit,” ungkapnya.

Sejumlah warga berhasil selamat dengan keluar melalui sela-sela rumah tetangga, namun banyak kendaraan, terutama sepeda motor, tidak sempat diselamatkan. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 05.00 WITA.



Fida menjelaskan, korban yang meninggal dalam kebakaran ini, merupakan seorang mahasiswa yang baru memulai kuliahnya di Unikarta. Dafi tinggal di sebuah kamar kos di Tenggarong yang juga habis terbakar dalam insiden tersebut.

“Saat evakuasi, anggota kami mendengar suara rintihan dan langsung mencari sumber suara tersebut. Lalu warga dan petugas menemukan korban sudah tewas kondisi mengenaskan,” tandasnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)