Jelang Musda, Sejumlah DPC Isyaratkan Tolak LPj Ketua Demokrat Sulsel

Rabu, 15 Desember 2021 - 18:49 WIB
loading...
A A A
"Padahal, ketika muscab serentak DPC yang ditarik ke Makassar 2017 silam, Pak Ulla berjanji akan melaksanakan pesta dan pelantikan pengurus terpilih di daerah masing-masing secara akbar. Jika untuk alasan pelantikan pengurus DPC saja Pak Ulla tidak punya waktu untuk mengunjungi daerah, adakah alasan lain yang lebih bernilai dari itu?," tanya Nasyit.

Hal serupa disampaikan oleh Ketua DPD Demokrat Sulse l, Andi Murniyati Makking, yang menyebut evaluasi yang dilakukan pihak DPC murni untuk penguatan partai ke depan. Tidak ditampiknya besaran aspirasi dari grass root yang menginginkan adanya perubahan kepemimpinan di DPD Demokrat Sulsel.

Ia menyebut aspirasi tersebut tentunya akan dikawal pihaknya dan ditegaskannya bukan karena persoalan suka atau tidak suka terhadap figur. Menurut dia, LPj maupun Musda mendatang merupakan momentum untuk berbenah agar Demokrat Sulsel tidak malah terpuruk pada Pemilu 2024.

"Aspirasi dari akar rumput perihal penyegaran di DPD Demokrat Sulsel tentu muncul bukan tanpa sebab. Itu semua masuk dalam catatan-catatan yang kami siapkan untuk bahan evaluasi DPD. Intinya, DPC menginginkan agar kepengurusan DPD bisa lebih solid dan kuat agar meraih hasil optimal pada Pemilu 2024 mendatang," tuturnya.



Sekadar diketahui, kinerja dan kepemimpinan DPD Demokrat Sulsel di bawah kepemimpinan Ulla menyisakan beberapa catatan minor. Mulai dari semakin berkurangnya kursi di parlemen, hengkangnya sejumlah tokoh Demokrat ke partai politik lain hingga kurangnya konsolidasi dan komunikasi pimpinan DPD ke DPC.

Salah satu contoh lemahnya konsolidasi Demokrat lingkup Sulsel ialah jarangnya kunjungan pimpinan DPD ke DPC. Semisal DPC Demokrat Selayar ternyata tidak pernah dikunjungi oleh Ulla. DPC Demokrat Selayar baru disambangi DPD Demokrat Sulsel, saat politisi Demokrat senior, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) yang juga akan maju sebagai kandidat ketua DPD melakukan safari politik, belum lama ini.

Musda DPD Demokrat Sulsel diprediksi akan menjadi pertarungan bagi IAS maupun Ulla. Kedua kubu pun telah mengklaim memiliki dukungan cukup. IAS bahkan telah mengantongi dukungan setidaknya 16 DPC, yang telah melakukan deklarasi dan menyetor surat dukungan ke DPP. Sedangkan, Ulla sebatas mengklaim dukungannya cukup untuk bertarung mempertahankan kursi Ketua DPD Demokrat Sulsel .
(tri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2212 seconds (0.1#10.140)