Setelah Ramai di Medsos, Wabup Muratara Kunjungi Curug Leran

Minggu, 07 Juni 2020 - 17:39 WIB
loading...
Setelah Ramai di Medsos, Wabup Muratara Kunjungi Curug Leran
Objek Wisata Curug Leran. Foto/SINDOtv/EraNeizma
A A A
MURATARA - Objek wisata Curug Leran yang kini viral di media sosial mendapatkan perhatian dari Wakil Bupati Muratara Devi Suhartoni. Secara mendadak, Devi mendatangi objek wisata air yang terletak di Desa Lesung Batu, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara, Sumatera Selatan, itu.

Objek wisata Curug Leran ramai di media sosial setelah foto dan video mengenai objek itu banyak di-posting sejumlah warganet, baik di Facebook maupun Instagram. Akibatnya, Wakil Bupati Muratara pun penasaran dan mendadak langsung mengunjungi lokasi air terjun Curug Leran.

“Lokasi Curug Leran ini memang sangat bagus dan semestinya didaftarkan menjadi objek wisata di Kabupaten Muratara. Lokasinya sangat strategis, nuansa alamnya terjaga alami dan sangat cocok jadi wisata forestry tourism," kata Devi saat disambangi di lokasi. ( Baca:10 Tarian Terpopuler di Muka Bumi )

Bahkan Devi meminta agar masyarakat Desa Lesung Batu untuk melakukan pengelolaan tahap awal terhadap objek wisata itu. Caranya dengan merapikan akses masuk sekitar lokasi, tidak membuang sampah ke sungai, dan tidak boleh mencemari aliran sungai.

“Saya minta warga Lesung Batu menjaga keamanan tamu yang datang dari luar desa ke sini. Lokasi ini sangat bagus di kembangkan oleh bumdes, nanti dikelola jalannya, dirapikan, dan dibuat kotak sampah," jelasnya.

Di saat itu juga Devi Suhartoni sangat mengapresiasi keramahan masyarakat Desa Lesung Batu. Dia optimistis, Curug Leran akan menjadi objek wisata unggulan yang menyedot perhatian wisatawan.

“ Sekarang trend wisata itu adventure, di sini punya potensi itu. Saya optimistis wisata ini bakal maju karena dekat dari desa dan pusat ibu kota," ujarnya.

Di tempat terpisah, Kamaludin, Ketua Lembaga Pendamping Masyarakat Desa (LPMD) Lesung Batu menuturkan, sudah dua pekan terakhir Curug Leran mencuri perhatian dan ramai didatangi warga. Dalam satu hari bisa mencapai ratusan warga yang berwisata di lokasi ini.

“Sebenarnya lakasi ini sudah lama ditemukan, tapi baru dua minggu ini mendadak viral. Jadi setiap hari sekarang ratusan warga datang ke sini," katanya.

Pihaknya berharap, wisata ini bisa terus dikembangkan sehingga bisa menjadi sumber perekonomian baru bagi warga desa. Sementara itu, Kepala Desa Lesung Batu Sobri MZ, membenarkan jika Curug Leran tengah menjadi wisata primadona dadakan masyarakat lokal. Dia berharap, objek wisata baru ini bisa masuk dalam wisata Kabupaten Muratara.

“Belum ada pegawai dari dinas (pariwisata) yang ke sini. Kunjungan wakil bupati ini yang perdana. Harapan kami ke depan, potensi ini bisa terus dikembangkan, baik dari desa, kabupaten maupun provinsi," tutupnya.
(ihs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)